Liverpool Melaju Sendirian, Apakah Liga Primer Inggris Masih Kompetitif?

0
2

Liverpool, etalaseinfo.com – Jurgen Klopp mengklaim, dominasi Liverpool sepanjang musim ini di Liga Primer Inggris sebetulnya tidak menandakan kurang kompetitifnya ajang domestik.

Di sisi lain, pria Jerman tersebut meyakini, The Reds masih bisa lebih berkembang lagi dari pencapaian mereka sekarang ini.

Liverpool musim lalu kejar-kejaran dengan Manchester City dalam perburuan gelar juara liga, hingga akhirnya skuad Klopp kalah satu poin dalam pacuan juara dengan laskar Pep Guardiola.

Akan tetapi di kampanye musim ini, Liverpool memimpin klasemen dengan jarak poin yang cukup masif, yakni 22.

Dua kemenangan lagi bisa membuat kub Merseyside mengunci gelar juara EPL dengan menghasilkan rekor waktu tercepat jika City gagal mendulang poin dalam beberapa laga ke depan. 

Kendati demikian, Klopp percaya, kesenjangan poin bukan menunjukkan penurunan kualitas antara mereka dengan para rival.

“Saya tidak peduli [dengan apa yang dikatakan orang]. Perhatikan, ini semua benar-benar wajar. Saya menilai, kami tidak perlu mencermati hal-hal yang demikian,” buka Klopp kepada reporter saat membahas mengenai penurunan kualitas kontestan lain di Liga Primer.

“Jika orang lain berpikir demikian, jika mereka menilai City tidak sebagus sebagaimana mereka, begitulah. Mereka memang mencetak gol lebih sedikit dibandingkan kami, kecolongan beberapa lebih banyak. Tapi jika Anda cermati kenapa, jelas karena mereka kehilangan beberapa pemain,” sambungnya.

“Tim-tim lain pun benar-benar kuat. Ya, Bayern mengalahkan Tottenham dan Chelsea [di Liga Champions], tapi mereka benar-benar tangguh sepanjang musim. Ya, [Spurs dan Chelsea] memiliki sejumlah problem, itu memang benar. Tapi sekarang jika Anda melawan mereka, Anda tidak akan merasa mereka memiliki masalah-masalah itu,” urai Klopp.

“Perolehan poin yang kedua tim ini miliki, tidak ada pengaruhnya ketika kami bertanding melawan mereka. Jadi, tidak ada artinya membahas soal kualitas Liga Primer, terutama ketika Anda melihat City versus Real Madrid,” lanjut Klopp.

“Saya tahu, orang-orang pasti memerhatikan masalah seperti ini dan mungkin Anda melihat salah satu tim terbaik di dunia sekarang ini. City jelas lebih baik, jadi itu menunjukkan betapa kuatnya liga ini,” paparnya.

“Masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan, masih ada banyak ruang untuk meningkat,” tandas eks pelatih Borussia Dortmund tersebut.

Sabtu ini, Liverpool akan melanjutkan perjuangan mereka merebut gelar Liga Primer ketika bentrok dengan Watford di Vicarage Road. (Goal)