Mad Hasnurin : Pemkab Lambar Terus Komitmen Laksanakan Reformasi Birokrasi

0
6

Lampung Barat, etalaseinfo.com – Wakil Bupati Drs. H. Mad hasnurin menghadiri pembukaan evaluasi pelaksanaan reformasi birokrasi dan implementasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah wilayah Provinsi Lampung evaluasi SAKIP dan RB Tahun 2019 oleh Tim Evaluator Kemenpan RB yang dilaksanakan pada6-7 Agustus 2019 di Hotel Novotel Bandar Lampung dan dibuka langsung oleh Pj. Sekda Provinsi Lampung.

Mengingat pentingnya Evaluasi Pemprov meminta kehadiran Bupati dan didampingi para Kepala OPD terkait SAKIP dan RB tanpa berwakil sekaligus menyiapkan bahan paparan atau presentasi.

Wabup mengatakan ” Pemkab Lambar terus komitmen laksanakan reformasi birokrasi sehingga OPD Lampung Barat yang terkait dalam paparan Evaluasi Menpan antara lain Bappeda, Inspektorat, Dinas Kominfo, Setdakab (Bagian Organisasi, Hukum dan Pembangunan), Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas PUPR, Satpol PP, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perkebunan dan Peternakan, BPBD, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, BKPSDM, BPKD, Dinas PTSP, Dins KBPPPA, RSUD Alimudin Umar dan Dinas Pariwisata,” jelasnya, Selasa (6/8).

Oleh sebab itu, Pentingnya SAKIP harapannya Pemerintah melalui sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah diharapkan menjadi pemerintah yang akuntabel dan terukur. Yaitu pemerintah yang mampu mempertanggungjawabkan hasil atau manfaat kepada masyarakat atas penggunaan anggaran. Selain itu untuk mengukur sejauh mana pemerintah daerah berupaya meningkatkan kesejahteraan rakyat, memperbaiki tata kelola pemerintahannya, meningkatkan kualitas pelayanan publik bahkan untuk mendorong pemberantas korupsi. Sitem pertanggungjawaban yang tepat, jelas, terukur, dan legitimate akan mendorong penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dapat berlangsung secara berdaya guna, berhasil guna, bersih dan bertanggung jawab serta bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme. (Hms)