Mantan Anggota PPK Se Lampung Selatan Sikapi Menurunnya Partisipasi Pemilih

Lampung Selatan, etalaseinfo.com (SMSI) – Minimnya jumlah pemilih yang memberikan hak suara pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Lampung Selatan 9 Desember 2020 yang lalu, menjadi pembahasan yang cukup serius dalam acara evaluasi penyelenggara edhoc Pilbup Lampung Selatan Selasa 23-02-21 malam.

Seperti diberitakan sebelumnya penyelenggara edhoc dilampung selatan yakni anggota PPK dilakukan evaluasi oleh komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Selatan di Hotel Bukit Randu Selasa kemarin. Dalam evaluasi penyelenggara edhoc seluruh divisi yang ada diantaranya, div.mata pilih, Div.Sosialisasi, Div.Kampanye, Div.Logistik dan Div.Situng. menyampaikan pokok permasalahan yang terjadi di kecamatan masing-masing.

Dalam evaluasi hari pertama tersebut, yang menonjol yakni tentang menurunnya partisipasi pemilih untuk memberikan hak suaranya di TPS, dalam pembahasan evaluasi diketahui bahwa penyebab utama turunnya partisipasi pemilih banyak pemilih yang khawatir keluar rumah disaat pandemi virus covid-19. Mengingat diumumkannya calon anggota KPPS yang melakukan Rapidtes dengan hasil Reaktif.

Dengan tersebarnya informasi hasil rapidtes yang reaktif masyarakat ragu untuk datang ke TPS meski telah diumumkan dan disosialisasikan bahwa TPS dalam keadaan Steril karena petugas penyelenggara dilengkapi dengan alat pelindung diri dan kesehatan (APD-APK) dan setiap 15 – 30 menit sekali disemprot disinsfektan, dan pemilih diberikan sarung tangan, masker, diperiksa suhu tubuh serta handsanitizer. Sedangkan calon anggota KPPS yang hasil Rapidtes Reaktif diganti petugas yang hasil Rapidtes Non Reaktif, sehingga TPS dalam kondisi sehat.

Pelaksanaan Pilkada ditengah situasi Bencana Non Alam Pandemi covid-19 sangat berpengaruh kepada partisipasi masyarakat dalam memberikan hak suara berkurang hingga 30 persen lebih. Demikian juga dengan pembagian dan pembatasan waktu pemilih berada di Tempat pemungutan suara (TPS), juga mengurangi kegembiraan masyarakat dalam pesta demokrasi 5 tahunan ini.

Acara evaluasi penyelenggara edhoc pada pilkada lampung selatan ini dipimpin komisionir KPU Lamsel Irsan Didi juga dihadiri seluruh komisionir KPU Lampung selatan dan 85 anggota PPK dari 17 kecamatan yang ada di Lampung Selatan. Didalam kegiatan dimasa akhir tugas PPK Lampung Selatan tetap mengutamakan protokol kesehatan, dengan pemeriksaan suhu tubuh menjaga jarak dan menggunakan masker.(Jun)