Massa Pendukung Bapaslon di 8 Kabupaten/Kota Abaikan Protokol Kesehatan

Massa Pendukung Bapaslon Di 8 Kabupaten Kota Abaikan Protokol Kesehatan

Bandar Lampung – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Lampung mendapati massa pendukung seluruh bakal pasangan calon (bapaslon) kepala daerah di delapan kabupaten/kota melanggar protokol kesehatan.

Hal ini disampaikan oleh Komisioner Bawaslu Lampung Divisi Pengawasan Iskardo P Panggar, Senin, 7 September 2020. Dia mengatakan pihaknya mendapati massa pendukung yang dibawa bapaslon masih menerapkan arak-arakan dan mengabaikan sosial distancing.

“Hampir semua yang abaikan protokol kesehatan. Mereka hanya memakai masker saja,” ujarnya.

Meskipun terjadi pelanggaran dalam protokol kesehatan, namun hal ini tidak bisa mendiskualifikasi bakal pasangan calon untuk maju pada Pilkada 2020. Pihaknya hanya memberikan teguran.

Menurutnya, kerumunan massa saat pendaftaran bakal pasangan bakal calon kepala daerah ke KPU menjadi sorotan banyak pihak. Apalagi saat ini kasus positif Covid-19 masih terus bertambah.

Dia menakutkan adanya kerumunan massa menjadi potensi untuk penyebaran virus korona. “Masyarakat masih belum sadar akan bahayanya Covid-19 dan pentingnya protokol kesehatan. Bawaslu menyarankan ke KPU untuk membuat pakta integritas untuk semua pasangan calon untuk mematuhi protokol kesehatan,” kata dia. (LP)

Share