Mekanisme Penukaran Uang Pecahan Rp75 Ribu

Mekanisme Penukaran Uang Pecahan Rp75 Ribu

Bandar Lampung – Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung memberikan penjelasan mengenai mekanisme penukaran uang peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun.

“Untuk penukaran uang Rp75.000 memiliki syarat yang sangat mudah di antaranya warga negara Indonesia yang telah memiliki kartu tanda penduduk yang hanya bisa menukarkan uang tersebut,” kata dia, Senin, 17 Agustus 2020.

Selanjutnya, setiap KTP hanya dapat menukarkan 1 lembar uang Rp75.000 tersebut melalui tautan http://pintar.bi.go.id dan dilanjutkan dengan menukarkan ke Bank yang terdaftar.

“Langkah pertama adalah dengan memilih lokasi dan tanggal penukaran uang peringatan kemerdekaan pada aplikasi yang tersedia,” kata dia. 

Kemudian, pastikan setelah mendaftarkan telah memiliki bukti penukaran berbentuk cetak maupun digital. Lalu datangi Bank yang telah ditunjuk pada awal pendaftaran dengan memastikan tanggal yang sama. 

“Setelahnya pastikan juga membawa KTP asli dan bukti pemesanan serta siapkan juga uang tunai senilai Rp75 ribu,” katanya.

Tak lupa dalam penukaran ini juga harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Dan jika berhalangan, dapat diwakilkan pengambilannya dengan membawa surat kuasa, KTP serta bukti.

“Penukaran juga dapat dilakukan di Bank Indonesia mulai 18 Agustus 2020 dan di Bank Umum yang ditunjuk mulai 1 Oktober 2020,” terang dia. (LP)

Share