Melalui Gemarikan Wagub Lampung Nunik Mengajak Masyarakat Agar Gemar Makan Ikan

0
5
Pedagang ikan di Pasar Pasir Gintung Bandarlampung (Ant)

Bandarlampung – Melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan), Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim mengajak dan mendorong masyarakat di Provinsi Lampung untuk meningkatkan konsumsi ikan. “Angka konsumsi ikan di Provinsi Lampung yang masih tergolong rendah yakni 32,2 kg/kapita/tahun jauh di bawah angka konsumsi ikan nasional 50,69 kg/kapita/tahun.

Menjadi penting Gemarikan dimulai dari keluarga kita, tetangga sampai ke pelosok-pelosok desa,” ujar Wagub Nunik di Bandarlampung, Senin. Wagub mengatakan peningkatan konsumsi ikan juga merupakan program pemerintah dalam upaya menurunkan masalah gizi seperti stunting (kerdil), wasting (lemah), overweight (kelebihan berat badan).

“Menjadi konsentrasi kita semua, terutama pada generasi penerus bangsa,” ujarnya. Selain itu, Nunik juga menyampaikan bahwa Provinsi Lampung berpeluang menjadi salah satu lumbung ikan nasional. Karena itu Pemprov Lampung akan meningkatkan produksi dan ekspor ikan melalui Program Nelayan Berjaya, Pemprov Lampung akan melakukan beberapa langkah.

Pertama mendorong tumbuhnya usaha budidaya perikanan dan memberikan pendampingan pemasaran, kedua mengintegrasikan nelayan dan keluarga nelayan dalam pengembangan industri pengolahan perikanan. Pemprov Lampung juga akan memberikan asuransi nelayan dan jaminan sosial bagi nelayan lansia, memberikan beasiswa bagi anak-anak nelayan berprestasi, juga mendirikan SPBU bagi nelayan.

Nunik juga menyampaikan imbauan kepada pegawai Pemprov Lampung bahwa dalam rangka memperingati Hari Literasi Nasional, maka pegawai Pemprov Lampung diminta mendonasikan buku bekas yang layak untuk dikumpulkan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan untuk disalurkan ke perpustakaan di desa maupun di wilayah-wilayah terpencil.

“Buku-buku terkait manfaat makan ikan, kekerdilan, gizi buruk, yang dinilai sangat diperlukan masyarakat,” katanya.(Ant)