Melalui Sensus Penduduk 2020 Salah Satu Sarana Meningkatkan Produktivitas Masyarakat

Bandar Lampung – Sensus penduduk ke-7 yang akan dilaksanakan pada  2020 menjadi salah satu sarana meningkatkan produktivitas guna membentuk sumber daya manusia unggul. 

“Sensus penduduk menjadi sarana kita untuk mencatat seluruh indikator,guna meningkatkan produktivitas dan human capital di masyarakat,” ujar Kepala Bidang Statistik Sosial Badan Pusat Statistik Provinsi Lampung, Mas’ud Rifai, di Bandarlampung, Kamis.  Sensus penduduk yang akan terlaksana pada 2020 mendatang merupakan salah satu upaya membentuk SDM unggul karena semua akan tercatat menjadi satu data kependudukan. 

“Sensus penduduk 2020 akan memusatkan pada tujuh upaya, yaitu mengentaskan kemiskinan, peningkatan kualitas anak, perempuan, dan pemuda, pemerataan pelayanan pendidikan, meningkatkan akses mutu kesehatan, penguatan perlindungan sosial,perbaikan tata kelola kependudukan peningkatan produktivitas dan daya saing”, ujarnya.

Sensus penduduk 2020 mendatang akan menjadi sensus yang istimewa karena menggunakan metode baru dalam pelaksanaan pendataan di masyarakat. “Sensus penduduk kali ini akan menggunakan metode baru, yaitu metode kombinasi, dimana data registrasi akan dilengkapi dengan hasil sampel survei secara langsung,” ujar Mas’ud.

Mas’ud Rifai mengatakan, dalam pelaksanaan sensus penduduk ke-7 akan dilakukan secara daring  pada 13 Februari hingga 31 Maret 2020, atau melalui survei langsung oleh petugas pada bulan Juli 2020.

“Sensus kali ini akan dilakukan secara mandiri melalui registrasi online melalui alamat website sensus.bps.go.id pada bulan Februari, atau bila ada yang terlewat dapat menunggu kedatangan petugas kami ke rumah pada bulan Juli 2020”, ujarnya. Menurutnya, masyarakat diharapkan dapat bekerjasama dalam menyukseskan sensus penduduk 2020 guna mencapai kemajuan Indonesia dengan cara memberikan data dan informasi yang akurat dalam pelaksanaan sensus penduduk 2020.

“Bantu kami mencatat Indonesia, untuk membawa Indonesia maju dengan produktivitas dan SDM yang unggul,” ujarnya. (Ant)

Share