Minum Lebih dari Dua Cangkir Kopi per Hari Baik untuk Kesehatan Hati

Minum Kopi Untuk Kesehatan Liver 1

Jakarta – Sebuah penelitian baru mengungkap minum lebih dari dua cangkir kopi per hari baik untuk kesehatan hati. Ini penjelasan peneliti.

Kopi merupakan salah satu minuman yang paling digemari. Biasanya diminum dalam kondisi hangat maupun dingin. Namun tentunya kopi yang baik untuk kesehatan adalah kopi hitam tanpa campuran gula, krimer, atau pemanis apapun.

Minum kopi setiap hari terbukti menyehatkan karena mengandung sejumlah zat antioksidan yang baik untuk tubuh. Ada juga kandungan kafein yang dapat merangsang otak untuk tetap fokus.

Terbaru, peneliti menemukan manfaat sehat rutin minum kopi. Dilansir dari Fox News (20/8), sebuah penelitian baru mengungkap jika kopi dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan liver atau hati.

Penelitian ini dilakukan sekelompok peneliti dari Australia yang diterbitkan dalam jurnal Alimentary Pharmacology and Therapeutics. Mereka mengatakan setidaknya minum lebih dari dua cangkir kopi setiap hari dapat membantu seseorang terhindar dari risiko kematian akibat penyakit hati.

“Meningkatkan konsumsi kopi per kapita hingga lebih dari 2 cangkir per hari pada tingkat populasi berpotensi mencegah ratusan ribu kematian terkait penyakit hati setiap tahunnya,” tulis Sarah Gardner dari unit transplantasi hati di The Austin Hospital Australia dalam penelitian ini.

Gardner menambahkan risiko seseorang yang rutin minum kopi terkena penyakit hati jauh juga lebih rendah. “Dibandingkan dengan peminum non-kopi, mereka yang minum 2-3 cangkir setiap hari memiliki penurunan 38% risiko HCC (karsinoma hepatosesluler) dan penurunan 46% risiko kematian akibat penyakit hati kronis,” terang Gardner.

“Jika seseorang minum 4 cangkir kopi atau lebih setiap hari, penurunan risiko kanker hatinya adalah 41% dan penurunan kematian sebesar 71%.” lanjut Gardner. Adapun ukuran cangkir atau cup kopi di tiap tempat bisa berbeda. Namun di Amerika, biasanya 1 cup kopi merujuk pada 240 ml kopi.

Tim peneliti juga memperkirakan dampak potensial peningkatan konsumsi kopi terhadap kematian penyakit hati secara global. Mereka menggunakan kumpulan data dalam Global Burden of Disease 2016 untuk 194 negara.

Gardner dan rekannya menemukan kalau semua negara yang penduduknya meningkatkan asupan kopi per kapita sebanyak lebih dari 2 cangkir kopi per hari, maka perkiraan jumlah kematiannya berkurang. Pada tahun 2016, misalnya, sebanyak 452.861 kasus kematian dapat dicegah dari 630.947 kasus yang ada.

Perkiraan pada orang yang mengonsumsi kopi sebanyak lebih dari 4 cangkir kopi per hari, menunjukkan angka kematian juga semakin berkurang.

Dr. Douglas Dieterich seorang ahli hepatologi di Divisi Kedokteran Hati dan Gastroenterologi Mount Sinai juga mengatakan kalau kopi jelas dapat membantu kesehatan hati. Dieterich juga mengatakan kalau dirinya merekomendasikan kopi pada beberapa pasiennya.

“Kopi baik dikonsumsi pada penderita kolangitis bilier primer (PBC), penyakit hati yang dapat memengaruhi saluran empedu dan dapat dapat menyebabkan sirosis,” ungkap Dieterich.

Sementara penulis penelitian juga mengatakan, “Menyoal mekanisme kopi bisa melindungi seseorang dari penyakit hati, belum diketahui jelas. Tetapi tampaknya bukan dari kafein. Dari sekian banyak senyawa dalam kopi, diterpenes dan asam klorogenat adalah yang paling banyak dipelajari dalam penyakit hati.” (Dtk)

Share