Momen Seru Gordon Ramsay ke Sumbar, Jelajah Pasar hingga Ikut Pacu Jawi

89176a18 89fa 4bc9 B85c 4596c6ddec39

Jakarta – Episode Uncharted (29/6) menampilkan keseruan Gordon Ramsay di Sumatera Barat. Ramsay tak ragu menjelajah pasar tradisional hingga ikut pacu jawi.

Gordon Ramsay jadi perbincangan netizen Indonesia karena episode Uncharted di Sumatera Barat belum lama ini tayang di National Geographic. Pada episode 29 Juni 2020, Ramsay menjelajah provinsi asal rendang itu untuk mencari pakar kuliner Indonesia, William Wongso.

Dikisahkan chef Inggris ini ingin belajar membuat rendang. Ia bahkan berani menerima tantangan William Wongso untuk membuat rendang versinya sendiri. Selain itu, Uncharted mengabadikan berbagai momen menarik saat chef 53 tahun ini mengeksplor makanan dan budaya lokal di Sumatera Barat.

Beberapa di antaranya bahkan dipamerkan Ramsay di Instagram pribadinya, @gordongram. Ada juga yang bisa diintip di akun Instagram resmi @natgeochannel. Berikut detikFood merangkum 5 momen seru Gordon Ramsay saat menyambangi provinsi di barat Indonesia itu:

1. Memayungi William Wongso pakai wajan

Momen Seru Gordon Ramsay Di Sumatera Barat 4

Momen akrab sekaligus lucu terlihat kala Ramsay berkompetisi dengan William Wongso untuk membuat rendang. Mereka membuat rendang versi masing-masing untuk disajikan pada gubernur Sumatera Barat dan keluarga.

Meski berkompetisi, ternyata William Wongso dan Ramsay saling membantu. Beberapa kali William Wongso memberi tips pada Ramsay soal memasak rendang. Tapi tiba-tiba saja hujan turun membasahi mereka.

Dengan sigap Ramsay mengambil wajan agak lebar dan menaruhnya di kepala William Wongso, seolah-olah memayungi pakar kuliner Indonesia ini. “Seperti kantor pos, saya masak tak peduli cuacanya seperti apa,” tulis Ramsay di Instagramnya.

2. Ikut pacu jawi

Momen Seru Gordon Ramsay Di Sumatera Barat 3

Uncharted episode Sumatera Barat mengajak Ramsay merasakan langsung budaya yang masih bertahan di sana, pacu jawi. Berupa balapan sapi khas Tanah Datar dimana sepasang sapi berlari di lintas sawah berlumpur dengan panjang 60-250 meter.

Sapi itu dikendalikan seorang joki yang berdiri di belakang. Joki itu harus bisa bertahan meski sapi berlari kencang. Ramsay begitu terpana dengan pacu jawi. Beberapa kali ia menunjukkan ekspresi tak percaya. Tak heran saat diajak ia merasa ragu, bisa atau tidak.

Namun demi mendapat potongan daging sapi berkualitas untuk rendangnya, Ramsay akhirnya mau coba pacu jawi. Ia jatuh beberapa kali ke lumpur karena tak bisa menahan kencangnya sapi berlari. Wajahnya pun ikut berlumur lumpur.

3. Bikin omelet rendang

Momen Seru Gordon Ramsay Di Sumatera Barat 2

Ramsay selalu sempatkan masak omelet di wilayah-wilayah yang ia sambangi. Di Indonesia, ia bikin omelet rendang. Menu ini pada dasarnya omelet biasa yang dipadukan bumbu sisa rendang. Namun Ramsay juga memberi beberapa bahan tambahan.

Chef yang terkenal galak ini memakai bumbu bawang merah, bawang putih, jahe, cabai merah, jeruk purut, hingga lengkuas. Telurnya memakai telur bebek yang lebih gurih rasanya. Lalu dilengkapi ikan bilih.

Terlihat omelet rendang Ramsay begitu tebal dengan balutan bumbu rendang menggugah selera. Paling enak dimakan bersama nasi hangat. Resep omelet rendang Gordon Ramsay bisa dilihat di bawah ini.

4. Jelajah pasar tradisional

Ramsay juga sempat menyambangi sebuah pasar tradisional di Sumatera Barat. Ia terkesima dengan suasana pasar yang ramai sekaligus ragam bahan makanan yang dijajakan. “Dan ini dipenuhi beragam bahan-bahan makanan,” tutur Ramsay.

Ramsay pun melihat bagaimana ibu-ibu penjual bumbu mengulek bumbu rendang di cobek besar. Bumbu ini nantinya ia pakai untuk membuat rendang versinya sendiri. Ramsay bahkan sempat ‘numpang’ menumis bumbu rendang di salah satu warung kecil yang ada di pasar.

Hal menarik lain adalah ketika Ramsay mendapati adanya ayam hidup yang siap disembelih, belut hidup, sampai usus sapi di pasar itu. Saat ditawari cicip usus sapi atau tambusu, pemilik banyak bintang Michelin ini menolaknya.

5. Perkenalkan bahan lokal Sumatera Barat

Momen Seru Gordon Ramsay Di Sumatera Barat

Gordon Ramsay memperkenalkan berbagai bahan makanan lokal yang ia temui selama di Sumatera Barat. Berlatar ngarai cantik, Ramsay menunjukkan bumbu rendang yang ia dapat, ikan kembung hasil tangkapan nelayan di laut, potongan daging sapi yang siap diolah jadi rendang, hingga sambal.

Ramsay tak ketinggalan menunjukkan kopi luwak. Ia mendeskripsikannya sebagai kopi paling istimewa dari Indonesia yang dihasilkan dari kotoran musang. “Mereka (musang/luwak) memakan biji kopi, mereka buang air besar berbentuk biji kopi, yang kemudian dikeringkan, dan ini adalah rasa yang sangat luar biasa,” ujarnya.

Rempah-rempah segar seperti lengkuas, cabai merah, cabai hijau, bawang putih, dan lainnya juga ditunjukkan. Juga santan yang kental sebagai bahan utama pembuatan bumbu rendang. “Ini adalah mimpi yang jadi nyata,” tutupnya. (Dtk)

Share