MPL Indonesia Diklaim Jadi Turnamen Esports Terpopuler di Dunia

Mpl Indonesia Season 5 169

Jakarta – Popularitas esports di Indonesia memang tengah naik daun, dan bahkan ada turnamen esports di Indonesia yang menjadi turnamen esports dengan jumlah penonton terbanyak di dunia.

Turnamen tersebut adalah Mobile Legends Professional League (MPL) Indonesia Season 5 April lalu, yang ditonton oleh lebih dari 1,1 juta orang. Klaim oleh Moonton — pengembang Mobile Legends — ini didasari oleh data dari Esportcharts.

Padahal, turnamen tersebut terpaksa dijalankan secara online karena pandemi Corona, meski sebenarnya bakal lebih ideal kalau diselenggarakan secara offline.

“Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak virus corona adalah dengan mematuhi peraturan atau protokol kesehatan yang telah digaungkan oleh pemerintah dan pihak terkait,” ujar Lucas Mao, Komisaris MPL Indonesia.

“Begitu pula dengan MPL Indonesia yang telah menyelenggarakan sejumlah turnamen secara online dan bahkan diakui oleh dunia sebagai salah satu liga esports terbaik dengan viewership terbanyak di dunia,” tambahnya.

Setelah season 5 bergulir, sejumlah acara pun sukses digelar secara online. Sebut saja 515 fun match dan MPL Invitational 4 Nations Cup. Bahkan, salah satu tim MPL Indonesia, RRQ berhasil menjadi juara mengalahkan tim-tim dari Singapura, Malaysia, dan Myanmar.

MPL Indonesia pun sudah bersiap untuk menggelar Season 6 yang bakal dimulai pada 14 Agustus mendatang. Mereka menjanjikan akan ada kejutan di musim tersebut dari 8 tim yang bakal memperebutkan hadiah total sekira Rp 4,3 miliar.

Turnamen ini bakal disiarkan secara langsung di berbagai platform, seperti Nimo TV, Youtube MPL Indonesia, dan Facebook MPL Indonesia, termasuk sejumlah stasiun TV yang disebut bakal juga ikut menyiarkan. (Dtk)

Share