Namanya Pantai Jelangkung, Tapi Aslinya Cakep Banget

Malang – Begitu mendengar nama pantai ini, rasanya bulu kuduk langsung merinding. Eits, jangan takut dulu, karena pemandangannya kebalikan dari namanya. Pantai Jelangkung, itulah nama yang diberikan oleh penduduk setempat. Nama itu berkembang dari pemberian awal yakni Jolangkung. Jo dan langkung, artinya jangan lewat.

Penduduk dilarang untuk beraktivitas dekat perairan ini bukan karena hantunya. Tapi gelombang yang ada di pantai sangat besar. Kalau ombak tinggi bisa-bisa airnya sampai jalan raya.

Gelombang besar akan datang hanya pada musim tertentu saja. Aslinya pantai ini sangat cantik. Garis Pantai Jelangkung tidaklah panjang. Bentuk pantai ini lebih mirip teluk.

Karena karakteristik gelombang yang besar, pantai Jelangkung memiliki batuan karang di area pasang surutnya. Tinggi batuan karangnya sekitar 50 cm dengan panjang 300 meter di sepanjang pantai.

Pantai ini masih asli dan belum dikelola. Jadi tak ada uang masuk yang dikenakan untuk wisatawan. Wisatawan disarankan untuk tidak berenang karena takut terseret ombak. Tapi jangan sedih, karena pantai ini memiliki laguna yang terlihat saat air surut.

Alamat pantai ini ada di Gajahrejo Gedangan, Malang, Jawa Timur. Untuk bisa ke sana, traveler harus mengikuti rute menuju Pantai Sendang Biru dan ambil jalan ke Desa Gajahrejo. Pantai ini ada di pinggir jalan.

Kamu bisa kemping juga di pantai Jelangkung ini. Tapi tendanya harus cukup jauh dari bibir pantai ya. Karena pasang tertinggi terjadi saat malam hari. Pantai ini bisa jadi tempat piknik kamu selanjutnya. Jangan lupa bawa bekal sendiri ya, karena tak ada penjual makanan di sana. Yang pasti, liburan ke sini ini bikin kamu serasa di pantai pribadi. Kamu tertarik ke sini? (dtk)

Bagikan