Nanang Ermanto Pimpin Penyemprotan Disinfektan Di Area Pelabuhan Bakauheni

Kalianda, etalaseinfo.com – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto bersama Jajaran Kepolisian Resort (Polres) Lampung Selatan serta Forkopimda melakukan penyemprotan Disinfektan di area Pelabuhan Bakauheni, area Menara Siger, Pasar Bakauheni dan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ), Selasa (31-3-2020).

Penyemprotan disinfektan yang dimotori oleh Polres Lampung Selatan tersebut, dalam rangka melaksanakkan perintah Kapolri agar seluruh Jajaran Kepolisian di seluruh Republik Indonesia melakukan gerakan penyemprotan secara bersama pada Selasa, 31 Maret 2020.

Perintah tersebut tertuang dalam telegram bernomor ST/1008/III/KES.7/2020 tgl 27 Maret 2020 yang ditandatangani Wakapolri Gatot Eddy Pramono atas nama Kapolri.

Surat telegram diterbitkan dalam rangka mendukung keselamatan masyarakat sehingga diperlukan gerakan secara massiv guna mencegah penyebaran corona virus disease(COVID-19).

Atas dasar itulah, dengan menggunakan kendaraan Water Cannon serta didukung kendaraan Unit Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab. Lampung Selatan, penyemprotan yang dilakukan sekitar pukul 9.00 WIB diawali pada area Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni.

Di Bakauheni, kendaraan water cannon serta 2 (dua) unit Damkar berkeliling melakukan penyemprotan di semua area pelabuhan sebelum kendaraan tersebut menuju Menara Siger, Bakauheni.

Di Pelahuhan Bakauheni, Nanang Ermanto Bersama Kapolres Lampung Selatan, AKBP. Edi Punomo, SH, SIK, MM melakukan woro-woro memberi himbauan dan informasi kepada masyarakat sekitar untuk ikut memerangi Covid-19 dengan melakukan social distancing dan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Plt. Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto juga meminta kepada pihak ASDP untuk memperhatikan kesehatan masyarakat yang berjualan disekitar area pelabuhan.

“Kita sejauh ini terus melakukan koordinasi dengan Forkopimda serta semua pihak untuk bersama memerangi corona. Saya minta pihak ASDP turut memperhatikan masyarakat yang berjualan di area pelabuhan,” ujar Nanang.

Nanang juga mengapresiasi kesiapan pihak ASDP yang telah menyiapkan fasilitas-fasilitas pemeriksaan kendaraan dan orang yang baru keluar dari kapal dengan lebih ketat lagi.

“Saya apresiasi, saya bangga kepada pihak ASPD yang telah begitu cepat untuk menyiapkan fasilitas-fasilitas dalam menangani covid-19 ini,” ujar Nanang lagi.

“Meski sudah baik, tetapi kita tidak boleh lengah. Kita harus pantau secara kontinue setiap harinya untuk memerangi Covid-19,” tambah Nanang.

Pada bagian lain, Kapolers Lampung Selatan, AKPB. Edi Purnomo mengatakan, penyemprotan disinfektan dilakukan secara massiv sesuai dengan arahan Kapolri. Ia juga akan mengimbau secara terus-menerus kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan, hidup bersih dan menghindari tempat-tempat keramaian.

“Kami bersama Bupati Lampung Selatan dan Forkopimda akan melakukan penyemprotan serentak di seluruh wilayah, sehingga kami melakukan penyemprotan desinfektan ini di titik seperti pelabuhan penumpang dan barang serta tempat-tempat berkumpulnya orang seperti pasar dan rumah ibadah,”ucap Kapolres. (KMF)

Share