Oktober, Timnas Indonesia Dijadwalkan Kembali Bertanding

Febri Hariyadi Timnas Indonesia 1mc4egowjnijs1lu5mjydt3978

Jakarta, etalaseinfo.com – Timnas Indonesia akan melanjutkan pertandingan sisa kualifikasi Piala Dunia 2022 sekaligus penyisihan Piala Asia 2023 pada Oktober berdasarkan jadwal terbaru yang dirilis konfederasi sepakbola Asia (AFC).

Pertandingan sisa kualifikasi Piala Dunia 2022 itu awalnya dijadwalkan bergulir pada Maret dan Juni. Namun pandemi virus Corona di sebagian besar negara Asia memaksa FIFA dan AFC menunda laga tersisa tersebut.

AFC sepanjang pekan ini melakukan pembicaraan dengan anggotanya untuk membahas kelanjutan Liga Champions Asia (LCA), Piala AFC, dan kualifikasi Piala Dunia 2022. Pertemuan itu telah menghasilkan sejumlah keputusan.

Matchday ketujuh dan delapan yang sebelumnya digulirkan Maret berubah menjadi 8 dan 13 Oktober. Sedangkan matchday kesembilan dan sepuluh direncanakan berlangsung pada 12 dan 17 November. Jadwal itu dirilis setelah AFC melakukan konsultasi dengan FIFA.

“Keputusan akhir telah diambil dengan tujuan untuk menyelesaikan kualifikasi pada November 2020, dan selanjutnya mengulirkan putaran final kualifikasi,” demikian pernyataan AFC melalui laman resminya.

“Begitu juga dengan babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023 yang mesti selesai sebelum Mareti 2021 disesuaikan dengan kalender FIFA.”

“AFC akan terus memantau situasi untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan semua tim, ofisial, suporter dan pemangku kepentingan sepakbola mengikuti arahan pembatasan perjalanan dan medis dari pemerintah.”

Namun jadwal tersebut bisa saja berubah tergantung kepada permintaan masing-masing federasi, karena mengikuti kebijakan pemerintah setempat. AFC siap memberikan bantuan pengarahan mengenai kemungkinan adanya perubahan jadwal.

Timnas senior kini menduduki posisi juru kunci klasemen sementara Grup G tanpa kemenangan, dan memiliki tiga pertandingan sisa, yakni melawan Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam.

Di lain sisi, perubahan jadwal itu membuat agenda timnas senior akan padat sepanjang akhir tahun. Beberapa hari setelah menjalani laga kualifikasi Piala Dunia 2022, timnas senior bakal tampil di Piala AFF 2020.

Federasi sepakbola Asia Tenggara (AFF) hingga saat ini tidak mengubah agenda turnamen dua tahunan tersebut. Pertandingan fase grup akan dimulai pada akhir November. Sedangkan partai semi-final dan final digelar sebelum akhir tahun. (Goal)

Share