Panwaslu Sukamenanti Akan Ditindak Tegas Bawaslu

Bawaslu Bandar Lampung Akan Bertindak Tegas Kepada Panwaslu Sukamenanti

Komisioner Bawaslu Kota Bandar Lampung Divisi Penanganan dan Pelanggaran, Yahnu Wiguno Sanyoto.

Bandar Lampung – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Bandar Lampung telah mengintruksikan Panwas Kecamatan Kedaton untuk melakukan penelusuran dan investigasi terhadap oknum Panwaslu Kelurahan Sukamenanti.

Komisioner Bawaslu Kota Bandar Lampung Divisi Penanganan dan Pelanggaran, Yahnu Wiguno Sanyoto, mengatakan bahwa pihaknya telah menyikapi dugaan pelanggaran kode etik, baik yang dilakukan oleh penyelenggara.

“Kami telah menginstruksikan Panwascam bahkan sebelum Bawaslu Provinsi Lampung menginstruksikan hal yang sama, untuk melakukan penelusuran/investigasi atas dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara maupun ¬†ASN di Kecamatan Kedaton,”ujar Yahnu Selasa 15 September 2020.

Menurutnya, dalam penanganan pelanggaran, terdapat mekanisme dan prosedur untuk mendapatkan informasi yang utuh sebelum mengambil tindakan nantinya. “Ada syarat formil dan materiil yang harus terpenuhi sebelum dugaan pelanggaran ini diregistrasi,” imbuhnya.

Kemudian, Panwaslu Kecamatan Kedaton, pada 13 September 2020, telah meminta keterangan Panwaslu Kelurahan Sukamenanti bersama suaminya yang diduga membagikan alat sosialisasi salah satu bakal pasangan calon pada Pilkada Kota Bandar Lampung Tahun 2020. 

Selanjutnya, hari ini Panwaslu Kecamatan Kedaton juga akan meminta keterangan dan mengumpulkan bukti dari Camat Kedaton dan Lurah Sukamenanti.

“Permintaan keterangan digali dari pihak-pihak yang mengetahui kejadian tersebut agar obyektif dalam mengambil tindakan,” paparnya.

Pihaknya masih menunggu semua hasil permintaan keterangan dari Panwaslu Kecamatan Kedaton yang nantinya akan diteruskan kepada Bawaslu Kota Bandar Lampung untuk diplenokan.

“Hasil pleno tersebut merupakan keputusan Bawaslu Kota Bandar Lampung. Perlu dicatat, bahwa Bawaslu Kota Bandar Lampung tidak pernah takut untuk bekerja¬†on procedure,” pungkasnya. (LP)

Share