Partai NasDem Perlu Melakukan Evaluasi, Terkait Tiga Bupati di Lampung Kena OTT KPK

0
5
Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara (tengah) dikawal petugas saat akan menjalani pemeriksaan, di Gedung KPK, Jakarta, Senin (7/10/2019). (Ant)

Bandarlampung – Pengamat politik Universitas Lampung Robi Cahyadi mengatakan bahwa Partai NasDem  perlu segera melakukan evaluasi sehubungan terjadi kembali operasi tangkap tangan (OTT) atas kader parpol tersebut.

“NasDem harus bisa melakukan evaluasi untuk seluruh kader partai karena sudah ada tiga kader yang juga kepala daerah (kena OTT KPK)  yaitu mantan Bupati Mesuji dan Bupati Lampung Tengah, terakhir Bupati Lampung Utara,” kata Robi Cahyadi, di Bandarlampung, Senin. 

Menurutnya, evaluasi yang maksud yaitu menganalisa penyebab kader melakukan praktik KKN tersebut. “Ini menjadi pekerjaan rumah bersama agar tidak ada lagi kader partai yang terkena kasus korupsi atau sejenisnya,” katanya.

Selain itu, Partai NasDem juga harus bisa segera mengambil sikap dan melakukan penyelesaian masalah dalam tubuh partai itu. “Dengan ditangkapnya Bupati Lampung Utara yang juga kader Partai NasDem, harus diberikan pendampingan hukum bagi kader partai tersebut,” katanya 

Robi menjelaskan, partai harus bisa memberikan pemahaman dan nilai-nilai antikorupsi bagi para calon kader partai NasDem agar tidak ada lagi kader partai yang ketangkap KPK. (Ant)