Pasien 04 Covid-19 Lamtim Pilih Isolasi Mandiri di Rumah

Angka Positif Covid 19 Di Pringsewu Jadi 5 Kasus

Sukadana – Pasien 04 Covid-19 Lampung Timur memilih pulang dari RSU Sukadana, Kamis siang, 27 Agustus 2020, dan menjalani isolasi mandiri di rumah. Keinginan pasien berjenis kelamin laki-laki, berusia 44 tahun yang merupakan anggota DPRD Lamtim, warga Kecamatan Melinting, diperbolehkan menjalani perawatan dan isolasi mandiri di rumah karena merupakan orang tanpa gejala (OTG) dan kondisi cukup stabil.

Kepala Dinas Kesehatan Lamtim, Nanang Salman, menjelaskan dalam perawatan dan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari tersebut, kondisi pasien 04 secara rutin akan terus dipantau tim medis. Pasien juga harus benar-benar disiplin menerapkan protokol kesehatan. 

“Nantinya setelah sepekan atau 10 hari ke depan, akan dilakukan swab test kembali terhadap pasien 04 tersebut. Jika hasilnya negatif, dinyatakan sehat. Namun, diminta tetap melakukan isolasi mandiri hingga genap 14 hari,” katanya, Kaimis, 27 Agustus 2020. 

Namun, jika hasil swab test masih positif, perawatan dan isolasi mandiri terus dilanjutkan hingga pasien benar-benar sembuh.

Kadinkes menjelaskan berdasarkan hasil penelusuran pasien 04 tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar provinsi  selama dua pekan terakhir. Namun pada 22 Agustus 2020, pernah melakukan kontak dengan warga dari Jakarta yang hadir dalam acara hajatan di Lamtim.

Selanjutnya pada Senin, 24 Agustus 2020, pasien melakukan rapid test di DPRD Lamtim dengan hasil reaktif. Pada Selasa, 25 Agustus 2020, melakukan swab test yang sampelnya dikirim ke RSU A Yani Kota Metro. Pada Rabu, 26 Agustus 22020, hasil swab dinyatakan positif Covid-19 dan malamnya pasien minta diisolasi di RSUD Sukadana.

“Kondisi pasien 04 ini sendiri yang masuk katagori orang tanpa gejala (OTG) dalam keadaan stabil. Pada Kamis siang,  pasien yang merupakan OTG diperbolehkan pulang untuk menjalani perawatan dan isolasi mandiri di rumah setelah mendapat penjelasan dari dokter,” katanya.

Dia menyatakan pihaknya sudah melakukan tracing terhadap enam orang yang pernah kontak erat dengan pasien. Keenam orang tersebut adalah istri dan empat anaknya serta satu tenaga kesehatan. 

Kadinkes juga mengimbau warga yang merasa pernah kontak dengan pasien 04 ini agar daat segera melapor dan memeriksakan diri ke puskesmas terdekat, RSUD Sukadana atau ke Dinkes Lamtim. (LP)

Share