Pasien Covid-19 di Lamsel Bertambah 2 Orang

Seluruh Pasien Covid 19 Di Tubaba Sembuh

Kalianda – Pasien terkonfirmasi positif covid -19 di Lampung Selatan bertambah dua orang. Sehingga, total pasien menjadi 42 orang.

Hal ini berdasarkan laporan Seksi Surveilans Imunisasi (SSI) Lamsel priode 18 Maret – 6 September 2020.

“Ya, ada tambahan dua orang kasus baru  konfirmasi positif Covid -19 di Lampung Selatan yaitu pasien nomor 41  berinisial J (65) berjenis kelamin laki-laki dari Kecamatan Natar, saat ini isolasi di rumah sakit swasta di Bandar Lampung dan pasien nomor 42 berinisial R (41), berjenis kelamin perempuan dari Kecamatan Merbau Mataram, saat ini isolasi mandiri di rumah,”ujar Jubir Tim Gugus Tugas Penanganan Covid -19 Lamsel Jimmy Banggas Hutapea, Minggu malam, 6 September 2020.

Lebih lanjut, Jimmy menjelaskan tidak ada kasus suspect di Lamsel, sementara terdapat satu kasus probable. 

“Untuk kasus kematian pasien covid-19 kasus lama satu orang dan kasus baru tidak ada. Sementara, masih isolasi enam orang dan selesai isolasi (kasus konfirmasi yang sembuh/negatif)  35 orang. Lalu, untuk discarded (bukan Covid-19) 732 orang,”jelasnya.

Menanggapi hal itu, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan akan tindaklanjuti adaptasi kebiasaan baru dengan pembentukan tim penegakan disiplin protokol kesehatan. 

“Saat ini Peraturan Bupati (Perbup) tentang adaptasi baru masih dalam proses. Jika, Perbup -nya sudah terbit akan langsung kita laksanakan penegakan disiplin protokol kesehatan,”ujar Jubir Tim Gugus Tugas Penanganan Covid -19 Lampung Selatan Jimmy Banggas Hutapea, Minggu, 6 September 2020, ketika dimintai tanggapan terkait apa yang dilakukan Pemkab Lamsel untuk pencegahan penyebaran covid -19 gelombang kedua.

Menurut Jimmy,  pengendalian covid -19 tidak bisa hanya dilakukan sepihak. Namun, harus semua terlibat, pemerintah daerah sudah melakukan testing, tracing dan treatment sesuai standar.

“Maka, ita harapkan masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan pertama  Menggunakan masker, kedua. Mencuci tangan, ketiga Menjaga jarak dan keempat Menghindari kerumuman (4 M). Apabila hal diatas dilakukan selaras baik Pemerintah maupun masyarakat kemungkinan besar  penyebararan covid-19 dapat cepat dikendalikan,”kata Kepala Dinas Kesehatan Lampung Selatan itu.  (LP)

Share