Pasien Positif Covid-19 di Lampura Tembus Angka 80

Tambah 4 Kasus Pasien Positif Di Lampura Tembus Angka 80

Kepala Sekretariatan Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Lampura, Sanny Lumi. 

Kota Bumi – Warga Lampung Utara yang terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah empat orang sehingga kini jumlah totalnya menjadi 80 kasus. Keempat pasien baru tersebut berasal dari beberapa kecamatan.

Menurut Kepala Sekretariatan Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Lampura, Sanny Lumi, mewakili Ketua, Budi Utomo, mengatakan empat kasus baru terdiri dari dua pejabat eselon, satu warga di Kecamatan Abung Semuli, dan satu orang petugas keamanan.

“Satu orang pejabat eslon II dan III usai mereka pelaku perjalanan ke Bandar Lampung karena berdomisili di sana, sementara lainnya tinggal di Kecamatan Sungkai Selatan. Untuk petugas keamanan dan warga Abung Semuli memiliki hubungan kekerabatan ibu dan anak. Pasien pernah melakukan perjalanan ke Papua dan sempat singgah di Mesuji, Lampung,” kata Plt Kadiskominfo Lampura itu, Senin malam, 14 September 2020.

Menurut dia, hasil swab test keempat pasien keluar pada Minggu, 13 September 2020, secara berbarengan. Sampel uji lendir hidung dan kerongkongan diambil tiga kali, yakni Rabu, 9 September 2020, Kamis, 10 September 2020, dan Jumat, 11 September 2020. Kemudian, hasil dikirim ke Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Lampung pada uji ke-3.

“Berdasarkan hasil dari Labkesda keempatnya dinyatakan positif Covid-19,” ujarnya.

Pihaknya berharap dengan adanya penambahan kasus Covid-19 masyarakat untuk menjalankan disiplin protokol kesehatan dalam kehidupannya sehari-hari. “Pemerintah berharap dengan kejadian ini dapat lebih memperketat pelaksanaan disiplin protokol kesehatan di era new normal saat ini. Sehingga dapat meminimalisasi penyebaran Covid-19 yang mengalami peningkatan paling besar,” katanya.

Sebelumnya, 26 warga asal Lampung Utara terkonfirmasi Covid-19, Sabtu, 12 September 2020, berdasarkan hasil swab test Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Lampung di Bandar Lampung. Ke-26 warga tersebut merupakan hasil tracing dari kasus sebelumnya dari dua kecamatan, yakni Kecamatan Abung Barat dan Kecamatan Kotabumi.

“Ini adalah hasil tracing kota terhadap 40 orang lebih yang melakukan kontak erat terhadap kasus terkonfirmasi di dua kecamatan,” kata Sunny saat menggelar konfrensi pers di Posko GTPP Gedung Korpri Kotabumi.

Menurut dia, sampai saat ini jumlah total warga terkonfirmasi Covid-19 mencapai 76 kasus. Perinciannya 46 warga terkonfirmasi dalam proses isolasi, 28 orang telah selesai isolasi, dan dua orang meninggal dunia. (LP)

Share