Pemkab Lamtim Fasilitasi Pembuatan Sertifikat Tanah

Pemkab Lamtim Fasilitasi Pembuatan Sertifikat Tanah

Asisten I Sekdakab Lamtim Syahmin Saleh saat menyampaikan secara simbolis sertifikat tanah milik warga, Sabtu, 22 Agustus 2020.

Sukadana – Pemerintah Kabupaten Lampung Timur fasilitasi pembuatan sertifikat tanah milik warga. Program Pemkab Lamtim tersebut bertujuan agar dalam proses pembuatan sertifikat tanah warga lebih mudah dan murah.

Hal itu diungkapkan Asisten I Sekdakab Lamtim, Syahmin Saleh, di Balai desa Ratna Daya, saat mewakili Bupati Lamtim Zaiful Bokhari pada acara penyerahan redistribusi sertifikat tanah desa Ratna Daya, Desa Kota Raman dan desa Raman Aji, Kecamatan Raman Utara, Sabutu, 22 Agustus 2020.

Dijelaskan oleh Syahmin, sertifikat tanah memiliki memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah merupakan dokumen otentik atas kepemilikan kepemilikan tanah warga.

Karena itu maka Pemkab Lamtim kemudian membantu warga dengan memfasilitasi dalam proses pembuatan sertifikat tanah warga tersebut. Fasilitasi yang dilakukan Pemkab Lamtim tersebut bertujuan agar masyarakat atau warga lebih mudah dan murah dalam membuat sertifikat tanah.

“Jadi dengan alasan itulah maka Pemkab Lamtim kemudian memfasilitasi warga yang akan membuat sertifikat tanah agar prosesnya lebih mudah dan murah,” katanya.

Kemudian Syahmin juga mengingatkan, sertifikat tanah merupakan dokumen yang sangat penting karena merupakan bukti otentik atas kepemilikan tanah warga. Sehingga kerap terjadi sertifikat tenah milik warga itu disalahgunakan oleh oknum tertentu.

Karena itu diingatkan agar warga yang sudah memiliki sertifikat tanah, dapat menyimpan dan menjaga dokumen penting tersebut dengan sebaik-baiknya. Disamping itu jangan sekali-kali meminjamkan sertifikat tanah tersebut kepada orang lain untuk mengantisipais kemungkinan disalahgunakan.

Sementara berdasarkan data dilokasi penyerahan sertifikat tanah warga, tercatat jumlah sertifikat tanah warga Kecamatan Raman Utara yang dibagikan adalah 574 bidang tanah. Sertifikat ke 574 bidang tanah itu terdiri dari, Desa Ratna Daya sejumlah 192 bidang tanah, Desa Kota Raman (160 bidang tanah) dan Desa Raman Aji (222 bidang tanah). (LP)

Share