Pemkab Pesawaran Belum akan Buka Lokasi Wisata

Pantai Di Pesawaran

Pesawaran – Surat penutupan tempat wisata akibat pandemi covid-19 yang dikeluarkan Pemerintah Kabupaten Pesawaran sudah berlangsung dua minggu. Hingga kini, belum ada tanda-tanda pemkab akan mencabut surat penutupan tersebut.

Sekretaris Kabupaten Pesawaran Kesuma Dewangsa mengatakan meski ada wacana sejumlah tempat wisata yang akan mulai beroperasi kembali, para pengelola diminta untuk tidak terburu-buru untuk beroperasi kembali. “Kepada para pengelola wisata, kami minta agar bersabar dulu dan tidak tergesa-gesa kembali beroperasi, apalagi di tengah pandemi seperti saat ini,” katanya, Senin, 1 Juni 2020.

Dia mengatakan di tengah pandemi saat ini tempat wisata menjadi salah satu tempat yang rentan terjadinya penyebaran covid-19 jika tidak memenuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan. “Untuk membuka tempat wisata, saya rasa harus disepakati untuk mengedepankan sisi kesehatan masyarakat. Apalagi kunjungan wisatawan ini tidak menutup kemungkinan dari berbagai daerah, bukan saja hanya dari Pesawaran. Ini yang perlu diperhatikan dan menjadi tugas kita bersama,” ujarnya.

Mengingat akan hal tersebut, katanya, sampai saat ini pihaknya belum mengeluarkan izin operasional terhadap sejumlah tempat wisata. “Kami belum mengeluarkan izin operasional atau membuka tempat wisata yang ada di Pesawaran. Sebelumnya memang kita menutup tempat wisata karena adanya pandemi ini dan sebelum dikeluarkan surat izin operasional. Kami meminta para pelaku tempat wisata agar protokoler kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah dapat tersedia di tempat masing-masing,” katanya.

Dia menambahkan meskipun Pemerintah Pusat meluncurkan new normal, ada beberapa indikator penilaian pada setiap daerah. “Para pengelola tempat wisata yang ada di Pesawaran harus paham, jika untuk Lampung hanya dua kabupaten, yaitu Mesuji dan Lampung Timur yang telah diberlakukan new normal. Itu pun dengan berbagai pertimbangan dan penilaian terhadap perkembangan penyebaran covid-19 di daerah tersebut,” katanya.

“Saat ini, Pesawaran memang telah menyiapkan untuk¬†new¬†normal, tapi kita harus siap dari berbagai sektor baik itu penanggulangannya maupun penanganannya, nah ini yang saat ini tengah kita kejar bersama,” katanya. (LP)

Share