Pemkot Bandar Lampung Segera Realisasikan Pemasangan Stiker Bagi Warga Penerima Bantuan

0
1
Kepala BAPPEDA Kota Bandarpampung, Khaidarmansyah, saat dimintai keterangan, Jumat (28/2/2020).

Bandarlampung – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung segera merealisasikan pemasangan stiker bagi warga penerima manfaat bantuan baik itu yang bersumber dari pusat maupun daerah agar program untuk masyarakat tepat sasaran.

“Penempelan stiker ini agar program-program bantuan dari pemerintah pusat dan daerah. Untuk warga kurang mampu bisa pas bagi mereka yang berhak menerima,”. Kata Kepala BAPPEDA Kota Bandarlampung, Khaidarmansyah di Bandarlampung, Jumat.

Menurutnya, selama ini yang dikeluhkan oleh masyarakat adalah kenapa mereka yang tidak mampu tidak dapat dan tetangganya yang mampu dapat. Namun dengan adanya penempelan stiker ini pihaknya berharap dapat mengatasi permasalahan tersebut.

“Program Keluarga Harapan (PKH) Adalah kepunyaan pusat yang sasarannya yakni orang miskin yang sudah terdata di sana. sehingga dengan adanya penempelan stiker ini kami harap program penanggulangan kemiskinan baik dari pusat dan daerah dapat tepat pada sasarannya,” jelasnya.

Dia mengatakan, untuk mensukseskan penempelan stiker ini pemkot akan bekerjasama dengan RT di setiap kelurahan.

Jadi ini adalah bentuk upaya untuk mengidentifikasi warga mana saja yang memang berhak mendapatkan bantuan.

“Kita akan siapkan stiker dengan beberapa kategori, misal keluarga itu dapat dua bantuan seperti PKH dan KIS jadi kita conteng dua, dan seterusnya. Sehingga jelas mana saja warga yang mendapatkan bantuan pemerintah pusat dan daerah,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Jaminan dan Bantuan Sosial Kota Bandarpampung, Santoso Adhy, menyebutkan bahwa di Kota Bandarlampung jumlah Penerima PKH sebanyak 36.460 orang.

“Mereka keluarga penerima manfaat sampai hari ini belum dipasangi stiker di rumahnya karena memang Pemkot belum memiliki anggarannya. Namun pihaknya telah mengajukan anggarannya agar tempat tinggal penerima manfaat di tempeli stiker,” lanjutnya.

Ia menjelaskan bahwa penerima manfaat akan mendapatkan bantuan PKH dari pusat sebanyak empat kali dalam setahun dimana pencairan dana tersebut biasanya dilakukan dalam tiga bulan sekali.

“Keluarga yang mendapatkan bantuan PKH juga ada katagorinya seperti ibu hamil, anak usia dini, anak masih bersekolah, lansia dan disabilitas,” tambahnya.(ANt)