Pemkot Bandar Lampung Terima Penghargaan Governance Award 2020

0
1

Bandar Lampung, etalaseinfo.com – Pemerintah Kota Bandar Lampung menerima pernghargaan kategori penyelenggara tata kelola pemerintahan terbaik di Lampung, Selasa (11/2).

Bertempat di Ruang Sidang Lantai 2 Gedung Rektor at Universitas Lampung (Unila), penghargaan tersebut diberikan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unila sebagai evaluasi kinerja para kepala daerah di Lampung yang dikemas dalam Governance Award FISIP Unila 2020.

Dalam sambutannya Rektor Unila, Karomani mengatakan bahwa pemberian penghargaan tersebut sebagai pemacu bagi para kepala daerah di Provinsi Lampung untuk meningkatkan kinerja dalam tata kelola pemerintahan.

“Tantangan kualitas menjadi dasar penganugerahan penghargaan terhadap pelayanan yang diberikan oleh pemerintah daerah. Selain itu, diharapkan penghargaan ini juga dapat memotivasi kepala daerah dalam meningkatkan tata kelola pemerintahannya.

Setelah ini diharapkan ada perbaikan tata kelola pemerintahan di pemda se-kabupaten/kota di Lampung. Karena semakin baik tata kelola pemerintahannya, maka semakin baik pembangunannya,” jelas Karomani.

Menurut Karomani, penilaian kepada kepala daerah tersebut telah memenuhi kriteria dan penilaian secara objektif. Penilaian tersebut didasarkan pada 7 aspek yakni, reformasi birokrasi, pemerintahan bersih, pelayanan publik, keuangan daerah, kebebasan informasi, pelestarian budaya dan penguatan demokrasi.

Dari 15 kabupaten/kota di Lampung, Pemerintah Kota Bandar Lampung mendapatkan penilaian terbaik dengan angka 2,01. Adapun perankingan yang diterapkan adalah semakin kecil nilainya, maka semakin baik tata kelola pemerintahannya. Sedangkan Kota Metro di posisi kedua dengan nilai 2,17, dan disusul Kabupaten Pringsewu di posisi ketiga dengan nilai 2,25.

Saat ditemui media, Wali Kota Bandar Lampung, Herman HN mengatakan bahwa, dengan diterimanya penghargaan tersebut sebagai pemacu masing-masing kepala daerah dalam meningkatkan kulitas pelayanan kepada.
masyarakat.

“Pokoknya kita terus bekerja memajukan darah, termasuk dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, yang intinya adalah untuk menyejahterakan kehidupan rakyat,” tandas Herman. (*)