Pemkot Bandarlampung Dan TNI/Polri Berkoordinasi Guna Meningkatkan Siaga Bencana

0
23
Dandim 0410/KBL Kolonel Inf Romas Herlandes usai melakukan rapat koordinasi dengan unsur terkait penanganan bencana, Selasa (8/10/2019) (Ant)

Bandarlampung – TNI/Polri bersama Pemerintah Kota Bandarlampung melakukan koordinasi untuk meningkatkan kesiagaan dalam mengantisipasi bencana baik di musim kemarau dan jelang musim hujan.

“Kami TNI/Polri bersama unsur  forkopimda dan beberapa komunitas sektoral serta BMKG dan kehutanan akan meningkatkan kesiagaan antisipasi bencana baik kebakaran hutan dan pemukiman ataupun banjir jelang musim hujan,” kata Dandim 0410/KBL Kolonel Inf Romas Herlandes, di Bandarlampung, Selasa kemarin.

Dandim mengatakan bahwa saat ini sejumlah wilayah sudah masuk penghujung kemarau bahkan menurut prediksi dari BMKG pada pekan kedua November 2019 sejumlah wilayah di Lampung masuk dalam musim penghujan termasuk Bandarlampung. “TNI/Polri akan bergabung dengan Pemerintah Kota Bandarlampung bersama unsur terkait untuk membentuk satu grup guna memonitoring kegiatan antisipasi bencana,” jelasnya.

Dikatakannya bahwa kegiatan yang akan dilaksanakan oleh grup yang dibentuk tersebut berupa pencegahan serta memonitor segala bentuk kejadian bencana baik yang baru akan terjadi maupun yang sudah terjadi sehingga akan lebih cepat menanganinya.

“Kegiatan dari grup yang berisi TNI/Polri bersama pihak terkait bertujuan memonitor dari tahap penyuluhan, patroli, sosialisasi secara bersama dan apabila ada suatu bencana akan cepat menanggulanginya,” kata dia. Menurutnya, kegiatan pencegahan dan penanganan bencana alam di sini sudah berjalan cukup baik serta ditopang dengan fasilitas yang dimiliki juga lumayan lengkap seperti mobil pemadam kebakaran di setiap kecamatan sehingga penindakan dapat cepat dilakukan.

Diambahkan, tugas dari grup yang dibentuk tidak hanya menangani bencana karhutla tapi juga semua bencana termasuk, longsor,  banjir  dan lainnya.(Ant)