Pemotongan Hewan Kurban Di Tengah Pandemi COVID-19, Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Img 20200731 152404

Bandarlampung – Sejumlah masyarakat di Kota Bandarlampung melaksanakan kegiatan pemotongan hewan kurban ditengah pandemi COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan. 

“Hari ini perayaan Hari Raya Idul Adha agak sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, sebab dilakukan di tengah pandemi COVID-19,”. Ujar salah seorang warga Bandarlampung, Salman, di Bandarlampung, Jumat. 

Ia mengatakan, pelaksanaan shalat Idul Adha hingga pelaksanaan pemotongan hewan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. 

“Pemotongan hewan kurban dilakukan dengan menggunakan masker, menyediakan tempat cuci tangan, pemotongan pun tidak dilakukan banyak orang maksimal satu sapi lima orang yang membantu,” katanya. 

Ia menjelaskan, selain itu pada saat pelaksaan pemotongan hewan kurban tidak boleh disaksikan oleh warga, sebab akan menimbulkan kerumunan. 

Hal serupa juga dikatakan oleh seorang warga Bandarlampung lain, Jamaludin. 

“Penyembelihan tidak dilakukan oleh banyak orang, tadi kami juga tidak memperbolehkan masyarakat untuk berkerumun. Dan pembagiannya pun akan langsung diantarkan ke rumah warga yang terdata, guna mencegah adanya persebaran COVID-19,” ucapnya. 

Menurutnya, meski dalam melaksanakan pemotongan hewan kurban petugas sempat kesulitan akibat penggunaan sejumlah protokol kesehatan, petugas tetap mematuhi protokol kesehatan dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban. 

“Saat kita memotong hewan ditengah cuaca yang panas, tentu terkadang kita pengap karena menggunakan masker, sehingga sesekali kami harus melepas menghirup udara dan dipakai kembali, tetapi hampir keseluruhan petugas tetap patuh menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya. (Ant)

Share