Pemprov Sumsel Siapkan 9 Helikopter untuk Memadamkan Karhutla

Pemprov Sumsel Siapkan 9 Helikopter Untuk Memadamkan Karhutla

Gubernur Sumsel, Herman Deru.

Palembang – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan menyiapkan sembilan unit helikopter untuk mematikan titik api di Sumsel. Helikopter disiapkan mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Sumsel 2020.
 
“Sembilan helikopter yang disiapkan itu terdiri dari delapan helikopter yang didatangkan langsung dari Rusia dan satu unit lagi dari Amerika,” kata Gubernur Sumsel, Herman Deru, Rabu, 29 Juli 2020.
 
Herman mengatakan kapasitas dari helikopter untuk melakukan water bombing sangat besar. Delapan unit helikopter berasal dari Rusia bisa menampung empat ton air, sedangkan helikopter dari Amerika bisa menampung lima ton air.

Pihaknya juga menyediakan satu pesawat patroli dan satu pesawat Cesna. Pesawat patroli itu dilengkapi peralatan dengan pembiayaan yang dibilang hampir unlimited.
 
“Dari awal tahun ini hingga sekaran satuan tugas sudah melakukan water bombing 600 kali yang sangat berpengaruh hingga saat ini,” ujarnya.
 
Dia menilai peran serta masyarakat sangat penting dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumsel tahun ini. Dia menyakini karhutla bisa diminimalisasi dengan melibatkan seluruh eleman bersama satuan tugas dan kolaborasi TNI-Polri.
 
“Kami akan bentuk satgas khusus yang SK-nya segera saya tanda tangani. Kami tetap berdoa tahun ini meskipun sudah masuk musim kemarau namun karhutla tidak terjadi. Apalagi cuaca tetap bersahabat hujan masih turun di Sumsel,” katanya. (LP)

Share