Pencairan Dana Kelurahan Tahap Kedua Belum Diproses Sebab Persyaratan Belum Lengkap

0
3
Ilustrasi - Pembinaan Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasana Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat, di Kantor Camat Bontang Utara, Jumat (28/6).(Ant)

Bandarlampung – Pemerintah Kota Bandarlampung belum bisa mengajukan dana kelurahan tahap kedua ke pusat karena syarat administrasi ataupun laporan pertanggungjawaban dari kelurahan yang belum lengkap. “Syarat untuk pencairan dana tahap kedua tersebut harus dilengkapi laporan pertanggungjawaban penggunaan dana tahap pertama,” kata Kepala BPKAD Bandarlampung, Trisno Andreas, di Bandarlampung, Jumat.

Trisno mengatakan bahwa dana kelurahan tahap dua sebenarnya sudah di alokasikan, namun untuk pencairan semuanya harus sesuai dengan ketentuan Permendagri Nomor 130 Tahun 2018 yang mengharuskan setiap kelurahan melaporkan hasil pekerjaan mereka setelah mendapatkan dana tahap pertama. Menurut dia, sebenarnya laporan mereka sudah cukup baik namun penataan administrasinya yang belum sesuai dengan pedoman yang ada. Dari 20 Kecamatan di Bandarlampung, hanya satu kecamatan yang kelurahannya sudah selesai pertanggungjawabannya.

“Setelah dikoreksi, masih banyak kelurahan yang salah dan harus melakukan perbaikan laporan, maka kami kembalikan berkasnya dan hanya kelurahan dari Kecamatan Tanjung Karang Barat (TKB) yang sudah selesai semua laporannya,” kata Trisno. Apabila mereka tidak melengkapi laporan itu ataupun pertanggungjawabannya kurang lengkap dan tidak sesuai dengan pedoman yang seharusnya hingga batas waktunya, maka dengan sangat menyesal kelurahan tersebut tidak akan dapat pencairan dana tahap kedua.

“Tenggat dari Pusat adalah Agustus ini, jadi mereka yang belum selesai hingga bulan itu kami tinggalkan,” kata dia. Ia berharap, semua kelurahan yang ada di Bandarlampung dapat menyelesaikan laporan pertanggungjawaban mereka pada akhir Bulan Juli 2019 ataupun sebelum tenggat waktu yang diberikan oleh pusat.(Ant)