Pengelola Lokasi Wisata Harus Tegas Menerapkan Protokol Kesehatan

Pesawaran – Wilayah Pesawaran banyak memiliki destinasi wisata, terutama pantai dan laut, yang menjadi buruan para pengunjung setiap masa liburan. Pemerintah Kabupaten Pesawaran mengingatkan para pengelola tempat wisata untuk menerapkan protokol kesehatan 3M untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 pada libur panjang pekan depan.

“Kita ketahui Pesawaran memiliki alam yang indah, apalagi wisata lautnya, yang selalu menjadi tujuan para wisatawan menghabiskan waktu liburan. Namun, mengingat kondisi saat ini di tengah pandemi, ada persyaratan yang harus dipenuhi tempat wisata,” ujar Sekretaris Kabupaten Pesawaran Kesuma Dewangsa, Rabu, 21 Oktober 2020.

Persyaratan yang dimaksud adalah menyiapkan tempat cuci tangan di lokasi tempat wisata, kemudian adanya pembatasan pengunjung yang hadir, sehingga tidak terjadinya penumpukan di tempat wisata tersebut. Kemudian untuk tegas agar pengunjung memakai masker.

“Pengelola harus berani melakukan pembatasan pengunjung karena keselamatan masyarakat ini lebih penting daripada ekonomi. Jangan karena pengunjung ramai ingin masuk, pengelola mengabaikan protokol kesehatan,” ujarnya.

Dia juga akan memberikan sanksi penutupan bagi tempat wisata yang tidak mematuhi ataupun tidak memberlakukan penerapan protokol kesehatan. “Pemkab sudah memberikan keringanan dengan membuka tempat wisata, tapi kami meminta para pengelola ini dapat menjalankan aturan yang mengatur prokes sehingga semua dapat berjalan dengan baik,” ujarnya.

“Jangan sampai gara-gara satu tempat wisata yang abai terhadap prokes, kemudian ada kenaikan kasus positif. Hal itu dapat berakibat kenaikan status zona kembali dan akhirnya pemerintah mengambil langkah menutup kembali semua tempat wisata, siapa yang rugi kita semua kan,” katanya. (LP)

Bagikan