Penghafal Alquran Termasuk Kuota 100 Mahasiswa Prestasi Khusus Yang Disediakan Itera

0
4
Penerimaan Mahasiswa Itera Jalur Prestasi (Ant)

Bandar Lampung – Institut Teknologi Sumatera (Itera) kembali membuka kesempatan bagi lulusan SMA/SMK/MA yang memiliki prestasi khusus di bidang akademik, non-akademik serta bakat istimewa seperti penghafal Alquran diterima menjadi mahasiswa baru di Itera lewat jalur prestasi khusus.

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Itera Irfanianta Arif Setyawan SFarm MSc Apt menjelaskan, jalur prestasi khusus adalah salah satu jalur dalam proses penerimaan mahasiswa baru di Itera yang telah dilaksanakan sejak tahun akademik 2018-2019.

“Tahun ini, Itera akan menerima 100 mahasiswa baru lewat jalur prestasi khusus yang pendaftarannya telah dibuka sejak 13 Mei hingga 10 Juli 2019. Kuota tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang menerima 25 mahasiswa,” ujarnya pula. Irfanianta menjelaskan, jalur seleksi ini memberikan kesempatan kepada lulusan sekolah menengah atas (SMA) atau madrasah aliah (MA) dari Jurusan IPA, serta sekolah menengah kejuruan (SMK) atau madrasah aliah kejuruan (MAK) yang memiliki prestasi khusus di bidang akademik, non-akademik serta bakat istimewa diterima di Itera tahun ini membuka pendaftaran untuk 31 program studi.

“Prestasi khusus yang menjadi syarat mendaftar jalur ini di antaranya siswa minimal pernah menjuarai perlombaan di tingkat provinsi, baik perlombaan di bidang akademik seperti olimpiade sains, lomba cepat tepat, dan lainnya yang diselenggarakan oleh instansi pendidikan atau perguruan tinggi negeri,” katanya pula.

Ditambahkan Irfan, prestasi di bidang olahraga itu, minimal siswa pernah menjadi juara dalam pra-Pekan Olahraga Nasional (PON), porprov, kejuaraan tingkat nasional seperti O2SN, PON, kejurnas hingga kejuaraan internasional seperti SEA Games, ASEAN Games, dan olimpiade.

Pada bidang seni dan sastra, minimal siswa pernah menjadi juara dalam kejuaraan tingkat provinsi seperti FLS2N yang diselenggarakan oleh instansi pemerintah, perusahaan atau lembaga sejenis. Prestasi-prestasi tersebut dibuktikan dengan menyerahkan dokumen pendukung seperti sertifikat atau piagam penghargaan.

“melalui jalur ini Itera juga membuka kesempatan bagi para siswa penghafal Alquran, dengan kriteria minimal menghafal 5 juz Alquran untuk bisa mengikuti seleksi ini,” kata Irfan lagi.

Para calon mahasiswa yang mendaftar jalur ini, nantinya akan mengikuti tahapan seleksi berkas hingga wawancara pada 15-19 Juli 2019. Sedangkan untuk pendaftaran dan kelengkapan syarat-syaratnya dilakukan lewat laman usm-pk.itera.ac.id dan membayar biaya seleksi senilai Rp200.000 yang dibayarkan melalui bank yang ditunjuk panitia, tambah Irfan.

“Dalam seleksi ini, peserta jalur prestasi khusus yang juga mengikuti proses SBMPTN dan memilih Itera sebagai pilihan akan mendapatkan prioritas asal memenuhi persyaratan prestasi yang ditetapkan,” katanya lagi.(Ant)