Berhentikan Perangkat Desa Tak Sesuai Aturan, Kades Taman Cari Abaikan Surat Edaran Bupati

Lampung Timur, etalase info.com –
Komitmen untuk membangun pemerintahan yang bersih dan baik atau yang biasa dikenal dengan clean government dan good government sangat jauh panggang dari api.

Pasalnya ketika dikonfimasi tentang adanya keputusannya melakukan pemberhentian perangkat desa yang tidak sesuai aturan, Kepala Desa Taman Cari Sugiyanto kepada kontributor etalaseinfo.com Anuari Abas dengan mengatakan yang salah perangkat desa yang diberhentikan itu, kenapa tidak menuntut dari dulu”. Kata Sugiyanto ketus.

Keputusan Kepala Desa Taman Cari Nomor : 141/005/08.2005/SK/2018 Tentang Pemberhentian Perangkat Desa yang mengangkangi aturan ini semakin ruwet ketika proses penjaringan aparatur desa yang baru justru mendapat rekomendasi dari Camat Purbolinggo yang saat itu dijabat oleh Drs. Sahrun.

Sebenarnya persoalan yang terjadi di Desa Taman Cari ini sudah mendapat arahan dari Bupati Lampung Timur dengan adanya Surat Edaran Bupati Lampung Timur Nomor : 414.4/537.10-SK/2019, Perihal : Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa, point :

  1. Perangkat Desa yang diangkat secara periodesasi sebelum tanggal 05 September 2017 dalam tingkat pendidikan di bawah SMU atau sederajat yang pada saat ini berusia lebih dari 42 tahun dan telah habis masa tugasnya supaya diangkat kembali sampai dengan usia 60 tahun;
  2. Bagi Desa yang sudah terlanjur melakukan proses pengangkatan dan pemberhentian perangkat Desa Tetapi tidak mengacu pada ketentuan tersebut pada point satu supaya dilakukan penataan ulang dengan berpedoman kepada aturan yang dimaksud.

Dengan adanya surat Bupati tersebut masihkah kepala desa Taman cari merasa benar. (Yusuf)

Share