Percantik Pekarangan Rumah dengan Tanaman Hias Herbal

Percantik Pekarangan Rumah Dengan Tanaman Hias Herbal

Caption; Praktisi pertanian,  Dedi Setiadi, menunjukkan koleksi ragam tanaman hias yang memiliki khasiat obat di pekarangan rumahnya, di Desa Kali Bening Kecamatan Abung Selatan, Rabu (9-9-2020). 

Kota Bumi – Bagi penghobi, memilih tanaman hias bukan hanya dinilai dari keindahan warna serta bentuk daun maupun bunganya. Tapi juga memiliki manfaat bagi kesehatan. 

“Koleksi bunga tanaman hias di pekarangan rumah yang saya tanam ini bukan hanya indah, tapi sekaligus berkhasiat  obat,”  ujar praktisi pertanian, Dedi Setiadi, di kediamannya, Desa Kali Bening , Kecamatan Abung Selatan, Lampung Utara, Rabu, 9 September 2020. 

Dia mencontohkan bunga Pukul Empat, selain warna bunganya beranekaragam,  seperti merah, putih, oranye dan perpaduan warna-warna lainnya, mengonsumsi bunga tersebut dengan dijadikan teh maupun lalapan, dapat  mengatasi penyakit keputihan pada wanita, mencegah 
penyakut kanker., sakit maag, mengobati  infeksi saluran kencing, batuk darah, batu empedu dan bisul.

“Selain bunga Pukul Empat, tanaman Krisan yang saya koleksi, bunganya dapat dikonsumsi sebagai teh yang berkhasiat meningkatkan imun tubuh, menurunkan demam, membersihkan racun (detoksifikasi) hati serta mengatasi gangguan pernafasan, mencegah kangker dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah serta manfaat lainnya bagi kesehatan,” tuturnya menambahkan.

Selain dua jenis tanaman tersebut, ternyata banyak jenis tanaman hias  yang indah tapi juga memiliki khasiat obat. Dengan menjadikan tanaman-tanaman tersebut sebagai koleksi menjadikan pekarangan rumah menjadi lebih indah serta asri.

“Dengan menanam tanaman hias berkhasiat obat, secara tidak langsung penghobi telah menjadikan pekarangan itu sebagai taman herbal keluarga,” ujarnya. 

Kepala Seksi (Kasi) Metode dan Informasi Penyuluh Pertanian, Dinas Pertanian (Distan), Kabupaten Lampung Utara, I Made Wirata, menghimbau,  bagi setiap keluarga yang memiliki sisa lahan berapapun luasnya dapat di manfaatkan dengan menanam ragam tanaman herbal.

Sebab, bukan hanya menjadikan pekarangan itu  lebih apik, tapi secara tidak langsung setiap keluarga itu telah menyiapkan gudang obat bagi keluarga.  (LP)

Share