Perpustakaan Desa Diresmikan Bupati Lampung Timur

0
3
Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari menyerahkan sejumlah buku kepada pengelola perpustakaan desa Desa Labuhanratu Satu di Kecamatan Way Jepara, Selasa (24/9) (Ant)

Lampung Timur – Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari meresmikan perpustakaan desa di Desa Labuhanratu Satu, Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur,  Selasa, dalam rangkaian acara ulang tahun desa setempat yang ke-47 tahun. Pada kesempatan itu Zaiful Bokhari meyerahkan sejumlah buku untuk menambah koleksi buku di perpustakaan tersebut.

Bupati kepada wartawan menegaskan akan serius meningkatkan minat baca masyarakatnya. “Kita sekarang dorong minat baca masyarakat meningkat, kita sedang terus gulirkan. Tidak hanya minat membaca tapi semuanya yang bermanfaat buat masyarakat kita gulirkan,” ujar dia.

Mantan Wakil Bupati Lampung Timur ini menyatakan sudah mengimbau Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah untuk mensosialisasikan gemar membaca di masyarakat. “Kita sudah imbau Dinas Arsip agar gencar sosialisasi  ke TK dan PAUD dan sekolah-sekolah agar minat baca  meningkat, termasuk masyarakat,” katanya.

Sementara sebelumnya,  Kepala Perpustakaan dan Arsip Daerah Lampung Timur Mulyanda mengatakan, pada momentum Peringatan Hari Kunjungan Perpustakaan beberapa waktu lalu,  Zaiful Bokhari telah membuat sejumlah kebijakan meningkatkan kemampuan literasi masyarakat.

“Kebijakan Bupati Lampung Timur mulai tahun ini akan membangun perpustakaan desa dengan memakai dana APBD, dan secara rutin menghibahkan buku kepada perpustakaan desa,” ujar Mulyanda.

Selanjutnya menggalakkan membaca 15 menit di setiap sekolah, sebelum aktivitas belajar di sekolah dimulai. “Semenjak acara pengukuhan Bunda Literasi ini, membaca 15 menit itu akan digulirkan,” jelasnya. (Ant)