Persiapan KPU Bandar Lampung Sambut Kedatangan Balon Independen Besok

0
3

Bandar Lampung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandar Lampung siap menyambut kedatangan bakal calon perseorangan Wali Kota Bandar Lampung dan Wakil Wali Kota Bandar Lampung.

Dalam persiapannya KPU Bandar Lampung telah menyiapkan ruangan khusus untuk menerima pasangan balon independen saat menyerahkan dukungan.

Sabtu (22/2/2020), ruangan khusus yang disediakan untuk menerima pasangan balon independen itu yakni ruang Aula KPU Kota Bandar Lampung. Aula itu nampak leter U yang didesain ala pengadilan oleh para Komisioner KPU dan jajarannya.

Dalam rangkaian seremoninya di Aula itu, meja bagian depan digunakan sebagai tempat para komisioner. Kemudian, meja samping kanan dan kiri digunakan sebagai meja pengawas dan operator.

Sementara, bagian depan sengaja dikosongkan sebagi tempat pengumpulan berkas dokumen saat penyerahan dukungan pasangan balon. Selain itu, bagi pasangan balon yang membawa rombongan saat mengunjungi KPU, telah disiapkan kursi dan tenda di area parkir KPU setempat.

Ketua KPU Kota Bandar Lampung Dedi Triadi menyatakan Komisioner KPU telah siap melayani pasangan balon yang akan menyerahakan dukungannya. “Kalo diinternal kita seperti kita sudah siap melayani, kita sambut mereka nanti acara nya di Aula,” ujar Dedi.

Dedi mengatakan, saat penyerahan dukungan akan dilakukan dengan kegiatan seremonial.

Namun, dikarenakan keterbatasan ruangan yang ada di KPU, pihaknya membatasi jumlah orang yang akan mengikuti kegiatan serimonial penyerahan dukungan.

“Iya yang bisa kita berikan ruangannya kan terbatas, maka gak semuanya rombongan bisa masuk dan ikut dalam acara serimonial,” ungkap Dedi.

Untuk itu, pihaknya mengimbau bagi para tokoh dan relawan yang mendampingi pasangan balon agar menunggu proses penyerahan dukungan di tempat yang telah disediakan. “Kita sudah sediakan tenda dan kursi, maka untuk para relawan kita harapkan menunggu didepan,” kata dia.

Diketahui, ada dua pasangan balon independen yang akan menyerahkan dukungannya ke KPU Kota Bandar Lampung.

Kedua pasangan balon itu yakni, Firmansyah-Bustomi dan Ike Edwin-Zam Zanariah. Sementara itu, penyerahan dukungan pasangan balon independen rencananya tidak hanya dilakukan di Kota Bandar Lampung.

Melainkan, balon independen Kota Metro dan Kabupaten pesawaran rencananya juga akan menyerahkan dukungan di hari yang sama.

Ketua KPU Kabupaten pesawaran Yatin P Sugiono mengatakan pasangan independen Lazuardi Alwi-Erwin Nasution akan mendatangi KPU Pesawaran. Dengan demikian, pihaknya beserta jajarannya juga turut mempersiapkan sarana dan prasaran di KPU Pesawaran.

“Iya informasinya besok memang pasangan Lazuardi Alwi-Erwin akan datang menyerahkan dukungan, maka kita siapkan beberapa ruang kerja kita untuk menerimanya,” kata Yatin.

Berdasarkan PKPU Nomor 16 tentang jadwal penyelenggaraan pemilihan Bupati Wali Kota 2020 pelaksanaan penyerahan dukungan dilakukan pada 19-23 Februari 2020.

Kemudian, pengecekam jumlah dukungan dilakukan pada 19-26 Februari 2020. Sementara untuk Verifikasi berkas dukungan akan dilakukan pada 27-25 Maret 2020. (Trbn)