Petambak Bratasena Dapat Saluran Dana Rp30 Milyar Dari Pertamina

0
13
Officer CSR & PKBL Pertamina Sumbagsel, Dian Kuswardan saat memberikan keterangan kepada wartawan, Kamis (22/11) (Foto: Ant)

Bandarlampung  – PT. Pertamina MOR II Sumbagsel segera menyalurkan dana program kemitraan atau CSR tahap kedua kepada para petambak udang di Bratasena Tulangbawang, Lampung, dengan total Rp30 miliar.

“Program tersebut akan disalurkan pada  4 Desember 2018 mendatang untuk 404 petambak dengan total dana mencapai Rp30 miliar,” kata Officer CSR & PKBL Pertamina Sumbagsel, Dian Kuswardani, di Bandarlampung, Kamis. Pertamina bekerjasama dengan Perusahan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) akan menyalurkan program kemitraan berupa dana pinjaman kepada para petambak udang di Bratasena eks PT. CPB

Pihaknya, bekerja sama dengan Perum Perindo, di daerah Bratasena, eks-nya PT CPB itu untuk menyalurkan program kemitraan berupa dana pinjaman kepada para petambak.

Dian menambahkan, sebelumnya pada 20 Maret 2018 lalu Pertamina juga telah menyalurkan program yang sama dan  sudah tersalur kepada 110 mitra binaan di Bratasena dengan total dana yang disalurkan sekitar Rp8,5 miliar.

“Para petani akan mendapat pendampingan dari pihak Perindo dalam penggunaan dana CSR tersebut untuk mendapatkan hasil maksimal dan meminimalkan terjadinya gagal panen,” tambahnya.  Dengan adanya pendampingan tersebut, agar petambak bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan terbaik, sehingga dapat melakukan pengembalian pinjaman yang menggunakan sistem cicilan.

“Pembayaran dilakukan setiap panen atau 6 bulan sekali dengan bunga 3 persen per tahun, dimana jangka waktu pengembalian dilakukan dalam satu tahun,” pungkasnya.(Ant)