Piknik ke Pantai? Perhatikan Tips Bawa Bekal Makanan Ini

Ba029857 9e50 496e 8961 978b517f3822

Jakarta – Selain kawasan pegunungan, area pantai juga jadi tempat liburan yang asyik. Siapkan bekal makan agar piknik makin seru.

Piknik ke pantai bisa jadi pilihan liburan asyik sekaligus murah meriah. Agar tak menguras kantong, siapkan bekal makan agar bisa kenyang sambil duduk santai menikmati angin dan suara debur ombak.

Kamu bukan hanya bisa makan sambil santai, di area pantai juga memungkinkan untuk berpesta bbq asalkan tetap memperhatikan faktor keamanan dan lingkungan ya. Seru-seruan di pantai bareng keluarga atau teman bisa jadi alternatif mengisi libur panjang.

Berikut tips cerdas menyiapkan bekal makan yang cocok untuk dibawa ke pantai.

1. Siapkan makanan siap santap

Banyak makanan yang bisa jadi bekal saat berlibur dan piknik di pantai. Kamu bisa membawa makanan siap santap tapi perlu perhatikan jenis makanannya juga. Bawa makanan yang bersifat kering dan tahan lama.

Kamu bisa menyiapkan nasi beserta lauk pauknya seperti ayam goreng, ayam bakar, ikan goreng ataupun tumis daging. Kemas setiap menu makanan ini secara terpisah agar makanan tidak cepat basi.

Membawa makanan berat yang siap santap adalah pilihan tepat, mengingat perjalanan menuju pantai pastilah memakan waktu yang cukup panjang. Jadi saat tiba di pantai, kamu bisa langsung menikmati makanan sebelum bermain air ataupun bersantai di bawah pohon kelapa.

2. Bawa buah segar

Area pantai identik dengan suasana yang panas dan terik. Secara tidak langsung, tubuh akan banyak berkeringat dan membutuhkan asupan air lebih banyak. Selain konsumsi air putih, kamu bisa membawa bekal buah yang mengandung banyak air.

Pilihan buah yang bisa jadi bekal antara lain jeruk, semangka, melon ataupun mangga. Jika membawa semangka atau melon, usahakan dibawa utuh dan baru dipotong saat sudah tiba di pantai. Kesegaran buah ini dijamin bisa mengembalikan semangat sekaligus memenuhi kebutuhan air dalam tubuh.

3. Sedia snack dan makanan ringan

Duduk santai di pinggir pantai akan terasa lebih asyik jika sambil ngemil makanan ringan. Ada banyak snack dan makanan ringan yang bisa jadi pilihan. Jika punya banyak waktu, kamu bahkan bisa membuatnya sendiri sebelum berangkat piknik.

Selain snack kemasan, kamu bisa membawa kudapan seperti tahu goreng isi, kroket kentang, sosis bakar ataupun sandwich. Camilan ini siap mengganjal perut kala tiba-tiba lapar melanda. Membawa snack sendiri juga bisa menghemat pengeluaran karena kamu tidak perlu jajan.

4. Bawa roti atau biskuit

Roti bisa jadi makanan praktis yang ideal jadi bekal piknik, termasuk saat ke pantai. Kamu bisa memilih roti isi ataupun roti tawar. Jangan lupa siapkan selai atau pelengkap kalau kamu lebih memilih membawa roti tawar.

Mau lebih praktis lagi? Siapkan sandwich dari rumah. Kamu bisa membuat sandwich praktis dengan isian daging asap, telur dan keju.

Siapkan juga biskuit yang bisa mengganjal perut saat di perjalanan maupun saat bersantai di pinggir pantai. Biskuit juga jadi bekal wajib saat kamu berpiknik membawa anak-anak.

5. Makanan yang harus dihindari

Ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak dijadikan bekal saat berlibur dan piknik di pantai. Hindari membawa makanan yang diolah dengan cara digoreng. Makanan serba goreng memang nikmat tetapi bikin tubuh merasa cepat haus.

Hindari juga membawa es krim karena suhu pantai yang panas akan membuat es krim cepat mencair dan mungkin mengotori baju dan alat piknik kamu. Belum lagi kalau lelehan es krim berlumuran di tangan. Sebagai gantinya, kamu bisa memilih untuk menikmati kelapa muda yang segar dan alami. (Dtk)

Share