Pj Bupati Pesibar Monitoring Harga Sembako Dipasar Way Batu Pesisir Tengah

Krui, etalaseinfo.com (SMSI) – Penjabat (Pj) Bupati Pesisir Barat Bambang Sumbogo,SE.,MM melakukan monitoring harga sembako dipasar way batu kec.pesisir tengah, Senin (12/4).

Mengevaluasi hasil rapat yang dilaksanakan pemda beberapa hari yang lalu terkait harga bahan pokok. Maka dari itu Pj. Bupati Pesiair barat melakukan langkah strategis mengantisipasi lojakan harga.

Yang menjadi pusat perhatian pertama pj bupati melakukan Monitoring di pasar pemerintah daerah yakni pasar way batu. Kegiatan ini mendukung upaya stabilisasi harga dan pasokan pangan pokok strategis. Informasi yang didapat dilapangan merupakan data yang sangat penting / akurat sebagai salah satu pengambilan kebijakan kepala Daerah Kabupaten pesisir barat.

Hasil survey dinas terkait disesuaikan dengan harga sembako yang ada di pasar tersebut, Selain itu tujuan monitoring ke lokasi dimaksudkan untuk memantau harga dan bahan kebutuhan pokok tersedia di Kabupaten pesisir barat

Dilihat berdasarkan kroscek dilapangan harga cenderung masih relatif stabil dan belum ada kenaikan harga yang signifikan mulai dari harga ayam potong dari dari harga Rp.40.000.00 menjadi Rp.43.000.00, bawang merah dari harga Rp.38.000.00 menjadi Rp.40.000.00 cabe merah dari harga Rp.55.000.00 menjadi Rp.60.000.00. Tapi penyesuai kondisi menjelang ramadhan sesuai data dilapangan harga naik di kisaran 300 sampai dengan 10 ribuan seperti halnya cabe keriting dari 60.000 mencapai 70.000.

Pj bupati berharap stok kebutuhan pokok yang ada dipesisir barat tersedia sampai hari raya idul fitri namun pemerintah melalui Pj Bupati dan dinas terkait akan tetus berupaya memantau harga sembako yang ada dipasar.

Selain itu Pj Bupati Pesisir Barat juga berdialog dengan pedagang di luar area pasar bahwasannya para pedagang diharapkan berjualan di dalam pasar yang sudah di disediakan oleh pemerintah daerah kabupaten pesisir barat.

“Maka dari itu berpesan kepada pedagang agar berkoordinasi terlebih jika mau berdagang diluar area pasar dikhawatirkan timbul kecemburuan sosial terhadap pedagang yang lain terutama bagi pedagang yang di dalam area pasar karena dagang di area dalam yang cenderung sepi jualanya dikarenakan banyak sekali pedagang yang berjualan di luar area pasar dengan dagangan yang sama”. Tutupnya

Kemudian pada kesempatan itu juga Pj Bupati pesiair barat memerintahkan kepada pihak kepala pasar maupun Pol PP untuk menata para pedagang di area luar pasar yang sudah di persiapkan pemerintah kabupaten pesisir barat tegasnya

Hadir mendampingi monitoring Pasar diantaranya kepala dinas ketahanan pangan, kepala dinas perdagangan, kasatpol PP dan kepala pasar way batu.(Kmf)

Bagikan