PKKMB Online Unila Diikuti 6.611 Mahasiswa Baru

Pkkmb Online Unila Diikuti 6 611 Mahasiswa Baru

Bandar Lampung – Kegiatan pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru (PKKMB) tahun akademik 2020/2021 Universitas Lampung (Unila) akan digelar secara online. Agenda pengenalan mahasiswa baru itu dilaksanakan mulai 21-25 September 2020 mendatang.

Kasubbag Statistik dan Registrasi Biro Kemahasiswaan dan Akademik Universitas Lampung Ainul Hudzni menyampaikan kegiatan akan diikuti 6.611 mahasiswa baru. Pelaksanaan kegiatan akan dilaksanakan melalui aplikasi Zoom dan disiarakan melalui Youtube Unila.

Walaupun begitu, kegiatan PKKMB juga tetap dilaksanakan offline dengan sistem perwakilan. Kegiatan secara tatap muka akan digelar di Unila diwakili 100 mahasiswa yang berasal dari Bandar Lampung.

“Hal ini dilakukan karena untuk menghindari semakin merebaknya Covid-19 dan mahasiswa yang menjadi perwakilan lebih mudah untuk dikontrol saat situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini,” ujarnya, Senin, 7 September 2020.

Mahasiswa yang hadir akan dipilih menjadi perwakilan dari setiap prodi yang ada pada program sarjana dan diploma. Kegiatan akan dilaksanakan di GSG Unila selama 4 jam hingga pukul 12.00 siang.

Meski dilaksanakan secara offline, setiap mahasiswa yang hadir tetap diwajibkan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat. Selain itu, mahasiswa baru juga diwajibkan membawa surat izin dari orang tua untuk mengikuti kegiatan tersebut.

“Kemudian untuk pelaksanaannya 21-22 itu tingkat universitas, 23 jeda dies natalis, 24 sampai 25 di fakultas masing-masing. Mekanismenya sama ada mahasiswa yang akan dipilih untuk mewakili pelaksanaan PKKMB ini secara offline,” katanya. 

Dia menambahkan pembicara PKKMB ini pada hari pertama ialah Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, kemudian Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Komandan Brigade 4 Marinir/BS Kolonel Marinir Nawawi. 

Kegiatan PKKMB itu akan dilaksanakan seperti biasa. Namun, pihaknya lebih fokus tentang bela negara, revolusi industri, dan pandemi Covid-19 atau new normal. 

“Untuk hari kedua yang tingkat universitas diisi wakil rektor I sampai wakil rektor IV Universitas Lampung. Ini lebih ke toleransi, terus kemudian etika kehidupan kampus dan belajar kampus merdeka,” katanya. (LP)

Share