Plt Bupati Lamtim Lepas Kloter Pertama Haji Asal Lampung Timur

0
2

Sukadana, etalaseinfo.com – Plt. Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari beserta jajaran dan Forkopimda Kabupaten Lampung Timur secara resmi melepas keberangakatan 404 Calon Jemaah Haji (CJH) Kloter 21 Kabupaten Lampung Timur di Islamic Center Kabupaten Lampung Timur, Rabu, (17/07/2019). Rombongan ini adalah kloter pertama dari rombongan Calon Jemaah Haji asal Lampung Timur pada musim haji 2019.

Hadir mendampingi Plt. Bupati, Kapolres Lampung Timur, AKBP Taufan Dirgantoro, Dandim 0429/Lampung Timur, CH Prabowo, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Timur, Karwito, Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Timur, Putri Ernawati Zaiful Bokhari, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumberdaya Manusia, Nur Syamsu, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Tarmizi, Asisten Bidang Administrasi Umum, Wan Ruslan, Anggota DPRD Lampung Timur Akmal Fathoni, serta Para Kepala Dinas dan Kepala Bagian di Lingkungan Pemerintah Lampung Timur.

Pada musim haji 2019 ini Jumlah Calon Jemaah Haji asal Kabupaten Lampung Timur ialah 856 jamaah yang terbagi ke dalam 4 kloter pemberangkatan. Untuk pemberangkatan selanjutnya Calon Jemaah Haji asal Kabupaten Lampung Timur yang masuk kedalam kloter 42 JKG akan berangkat pada tanggal 24 juli 2019 dengan jumlah 405 jamaah, pemberangkatan ketiga dengan jumlah 23 jamaah masuk kedalam kloter 54 akan berangkat pada tanggal 29 juli 2019, serta pemberangkatan terkhir yang masuk pada kloter 65 JKG akan berangkat pada tanggal 04 agustus 2019 dengan jumlah jemaah 24 orang.

Selain itu dari jumlah 856 calon jamaah haji yang akan berangkat, diketahui bahwa jemaah haji pria berjumlah 398 jemaah serta jemaah haji wanita berjumlah 458 jemaah dengan usia tertua atas nama Katirah Toimin Adam dari Kecamatan Labuhan Maringgai  berusia 90 tahun serta usia termuda atas nama Ainun Nadiyah Jumari berusia 22 tahun dari Kecamatan Raman Utara yang tergabung kedalam kloter 42JKG. 

Lebih lanjut menurut informasi yang disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Timur, Karwito mengatakan bahwa pada pemberangkatan kali ini satu orang jemaah tidak berangkat dikarenakan meninggal dunia atas nama Sirojudin.

“Untuk kloter 21 jkt harusnya hari ini berangkat 405 tapi satu orang jemaah atas nama bapak sirojudin kemarin pagi telah dipanggil menghadap Allah SWT, jadi kami hari ini memberangkatkan 404 jemaah”.

Masih oleh Karwito, “Jemaah haji yang berangkat hari ini akan menempati pondokan nomor 30 dimana pondokan ini berjarak sekitar 3,6 km dari Masjidil Haram, yang mana perjalanan sehari-hari telah disediakan kendaraan antar jemput berupa bus untuk memberikan kemudahan dan akses bagi jemaah haji menuju Masjidil Haram dan kegiatan ibadah lainnya”.

Ditempat yang sama, selaku orang nomor satu di Kabupaten Lampung Timur, Zaiful menyampaikan bahwa tahun ini jemaah asal Lampung Timur akan mendapatkan kemudahan yang berbeda dari pemberangkatan sebelumnya.

“Alhamdulillah syukur untuk tahun ini, dari embarkasi Jakarta termasuk Lampung ada kemudahan setelah nanti berangkat dari Jakarta dan tiba di King Abdul Aziz langsung naik bus menuju Madinah jadi praktis, tidak seperti sebelumnya biasanya harus menunggu 4 sampai 5 jam, karena terkait administrasi sudah diselesaikan di Indonesia”.

Meski mendapatkan kemudahan, tak lupa pula Zaiful berpesan kepada calon jemaah agar selalu menjaga kesehatan selama di tanah suci karena menurut informasi suhu tahun ini cukup tinggi yakni mencapai 45 sampai 48 derajat celcius.

Sebelum mengakhiri penyampaiannya, Tak lupa pula Zaiful berpesan kepada para petugas agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh jemaah dari Lampung Timur serta meminta doa kepada seluruh jemaah untuk kemajuan Lampung Timur kedepan, sehingga apa yang diharapkan oleh masyarakat Lampung Timur dapat terwujud ditahun yang akan datang. (Hms)