Plt Direktur RSUD Menggala Bagikan Tips Agar Terhindar Dari Covid-19

Menggala – Plt Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Menggala, Luqman Pura, memberikan tips bagi masyarakat dan tenaga kesehatan yang kini tengah berjuang melawan pandemi Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19.

Menurut dokter spesialis penyakit dalam itu, terdapat beberapa cara agar seseorang terhindar dari paparan virus mematikan ini dan menurunkan kurva kasus positif serta transmisi Covid-19.

Bagi masyarakat, kata Luqman, dapat menerapkan 4 M dalam kehidupan sehari-harinya, sehingga dapat mencegah dan memperkecil risiko terpapar Covid-19.

4 M yang dia maksud yakni, menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Sementara bagi tenaga kesehatan, yang kini berada digarda terdepan melawan penyakit yang disebabkan virus severe acute respiratory syndrome corona virus 2 dapat menerapkan langkah-langkah epidemologi dengan pola 3 T yakni testing atau pemeriksaan, tracing atau penelusuran, dan treatment atau pengobatan.

“Kita perlu upaya bersama karena tipikal virus ini melalui kerumunan dan kontak, bukan karena kita harus peluk-pelukan. Melalui udara mulut bisa menularkan ke orang lain, karena ada dropletnya. Maka pentinya menerapkan 4 M dan 3 T itu,” kata Luqman, dihubungi Lampost.co, Senin, 12 Oktober 2020.

Seseorang berusia lanjut, menurut Luqman tidak dapat menjadi patokan ia akan mudah terpapar Covid-19. Namun, seseorang yang berusia lanjut akan memiliki Komorbiditas atau penyakit penyerta diantaranya hipertensi, diebetes militus, geriatri, dan jantung.

Penyakit penyerta itulah, kata Luqman yang akan memperberat fungsi-fungsi organ tubuh ketika terinfeksi Covid-19. Sehingga menyebabkan akselerasi penyakit yang diderita. 

“Misalnya mobil tua membawa beban 8 ton terus masuk lobang (Covid-19) kan bisa patah tuh pernya,” kata dia menganalogikan seseorang berusia lanjut ketika terinfeksi Covid-19.

Luqman pun menyebutkan, ciri-ciri klasik seseorang diduga terinfeksi virus diantaranya demam, infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), dan sesak nafas. 

“Tetapi juga ada variasi medis atau variasi klinis karena gejalanya tidak khas dengan kehilangan indra penciuman dan merasa nyeri saat menelan,” kata dia.

Dia mengajak masyarakat agar tetap menjaga pola hidup sehat dengan rajin berolah raga, istirahat yang cukup, serta makan dan minum yang sehat.

Satgas Covid-19 baru-baru ini mengampanyekan #ingatpesanibu. Pemerintah berharap kampanye ingat pesan ibu efektif mengajak masyarakat disiplin menerapkan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak, dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangan, dan #cucitanganpakaisabun. (LP)

Bagikan