Pohon Kurma di Masjid Agung Ciamis Berbuah, Diminati Warga untuk Obat

0
2

Ciamis – Pohon kurma identik sebagai tanaman yang tumbuh subur di kawasan timur tengah dengan cuaca panas. Tapi ternyata, pohon kurma juga bisa tumbuh subur di kawasan Indonesia dengan iklim tropis. Salah satunya pohon kurma di Halaman Masjid Agung Ciamis, Jawa Barat yang kini berbuah.

Dari sekitar lebih dari 10 pohon kurma yang berbuah, baru terlihat hanya 1 pohon yang berbuah sebanyak 4 tangkai. Sebelumnya Kurma itu terlihat lebat, tapi kini sudah tak lebat lantaran banyak diminati warga dan jemaah masjid dan warga karena dipercaya untuk obat.

Bagi sebagian jemaah Masjid Agung yang melihat pohon kurma berbuah adalah kesempatan langka. Salah satunya diungkapkan seorang Jemaah, Maman, mengaku beruntung bisa melihat secara langsung pohon kurma berbuah, walau tak di timur tengah.

“Memang jarang pohon kurma sampai berbuah di Indonesia, sekarang di Masjid Agung Ciamis ada, sangat beruntung sekali,” ujar Maman saat ditemui di Masjid Agung Ciamis, Minggu (26/1/2020).

Tak hanya melihat-lihat sebagian jemaah juga ada yang mencari-cari kurma di bawah pohon dengan harapan ada yang jatuh. Sebagian jemaah sengaja berfoto di dekat pohon kurma berbuah tersebut.

Seperti yang dilakuan Minar dan adiknya, setelah ia melaksanakan ibadah solat duha lalu mendengar informasi ada pohon kurma di Masjid Agung Ciamis yang sudah berbuah. Kemudian ia bergegas untuk mencoba mengabadikannya melalui kamera ponsel.

Meski tak terlihat lebat seperti beberapa hari sebelumnya, sejumlah buah kurma masih nampak terlihat berwarna kuning pada tangkainya.

“Jarang-jarang ada pohon kurma berbuah, jadi sekalinya ada yang berbuah bisa jadi ini kesempatan langka,” ucap Minat.

Sementara itu, Ketua DKM Masjid Agung Ciamis Wawan S Arifien menuturkan pohon kurma yang berbuah di Halaman Masjid adalah yang usianya sudah lima tahun ditanam. Saat pihak masjid menanam pohon kurma tersebut memang cukup tinggi, ukuran kayu sekitar setengah meter.

Menurut Wawan, buah kurma tersebut banyak diminati para jemaah masjid agung, sehingga kini hanya terlihat beberapa butir saja yang masih di pohon. Menurut informasi, buah kurma dari pohon tersebut dipercaya untuk obat.

“Banyak yang minta mentahnya untuk obat katanya, kalau yang buah kurma masak mah banyak yang jualan,” ungkap Wawan.Pihak DKM akan terus merawat sejumlah pohon kurma tersebut supaya semua pohon yang ada di halaman masjid bisa berbuah. (Dtk)