Polda Lampung Gelar Sosialisasi Protokol Kesehatan di Pasar Bawah dan Stasiun KA Tanjung Karang

Polda Sosialisasi Protokol Kesehatan Di Pasar Bawah Dan Stasiun Ka Tanjungkarang

Seorang anggota Polda Lampung saat menyosialisasikan protokol kesehatan kepada salah satu pedagang di Pasar Bawah.Dok.

Bandar Lampung – Polda Lampung terus bergerak dalam menertibkan tempat dan fasilitas umum agar mematuhi protokol kesehatan untuk memutus mata rantai Covid-19. Kegiatan OPerasi Aman Nusa II Penanganan Covid-19 tahap V menyasar Pasar Ramayana, Pasar Bawah, dan Stasiun Kereta Api Tanjungkarang, Selasa, 8 September 2020.

Operasi tahap V digelar Polda  61 hari terhitung mulai 1 September-30 Oktober 2020 yang bertujuan untuk pemulihan ekonomi nasional dan pendisiplinan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan (Inpres 6 Tahun 2020 , Perpres Nomor 82 Tahun 2020, dan Pergub No 45 Tahun 2020).

Tim Operasi Aman Nusa II dari grup B yang berkekuatan 132 personel melaksanakan apel di lapangan Polda Lampung, Selasa, 8 September 2020. Kegiatan dengan mendatangi tempat-tempat keramaian, seperti Pasar Bawah, Pasar Ramayana, dan Stasiun KA Tanjungkarang untuk memberikan imbauan kepada masyarakat tentang protokol Covid-19, yakni 3 M (menjaga jarak, mengenakan masker, dan mencuci tangan).

“Kegiatan preventif, yakni memantau pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19 di tempat-tempat berkumpulnya masyarakat, yaitu Pasar Bawah, Pasar Ramayana, dan Stasiun KA Tanjungkarang. Sedangkan kegiatan represif dengan memberikan teguran kepada masyarakat yang melanggar protokol Covid-19,” ujar Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Zahwani Pandra Arsyad.

Pedagang diarahkan mengedepankan protokol kesehatan, seperti social distancing dan aparat juga menyosialisasikan Pergub Lampung 45 Tahun 2020. “Kami perkuat sosialisasi agar masyarakat paham,” katanya.

Sebelumnnya, Polda Lampung dan Sat Pol PP Lampung melaksanakan penertiban di Pantai Pasir Putih, Pantai Selaki, dan Pantai Pulau Pasir dalam rangka giat Operasi Aman Nusa II Penanganan Covid-19  tahap V.  “Kkegiatan akan dilaksanakan di tempat wisata Pasir Putih, Pulau Pasir, dan Pantai Selaki untuk memberikan imbauan kepada masyarakat tentang protokol Covid-19, yakni 3 M (menjaga jarak, mengenakan masker, dan mencuci tangan),” ujar Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zawhani Pandra Arsyad, Minggu, 6 Juni 2020. (LP)

Share