Polda Lampung Tingkatkan Pengamanan Di Tempat Ibadah

0
3
Kabid Humas Polda Lampung, AKBP Zahwani Pandra Arsyad

Bandarlampung – Kepolisian Daerah (Polda) Lampung terus meningkatkan pengamanan dalam rangka menjaga stalibilitas keamanan umat Islam yang menjalankan ibadah agar tetap aman dan nyaman.

“Tugas kepolisian berdasarkan undang-undang salah satunya adalah untuk menjamin keselamatan dan keamanan warga negara Indonesia khususnya yang sedang menjalani ibadah,” kata Kabid Humas Polda Lampung AKBP Zahwani Pandra Arsyad, di Bandarlampung, Kamis.

Menurut Pandra dimana pun berada kehadiran petugas kepolisian melambangkan kehadiran negara, dan kepolisian wajib melindungi warga negara yang akan melaksanakan aktivitas termasuk aktivitas keagamaan dengan tujuan agar umat bisa melaksanakan ibadah secara leluasa.

Selain itu, katanya lagi, kepolisian juga selalu bersinergi dengan pihak TNI untuk memberikan bantuan kepada kepolisian saat dibutuhkan dalam kegiatan untuk pengamanan yang lebih intensif.

“Berdasarkan Undang-Undang TNI salah satunya adalah memberikan bantuan dan bersinergi kepada kepolisian apabila dibutuhkan. Sinergi dalam hal ini seperti dalam pengamanan Pemilu 2019 di 2.000 lebih TPS,” kata Pandra.

Pandra menambahkan, mekanisme yang dilakukan baik TNI maupun kepolisian seperti melaksanakan patroli jalan untuk memberikan pengamanan saat masyarakat ingin melaksanakan Salat Tarawih maupun setelah sahur.

“Termasuk Babinkamtibmas senantiasa melakukan pemantauan lokasi, apalagi banyak kegiatan dalam bulan Ramadhan ini untuk mencegah warga yang kebut-kebutan. Kami juga kerap melakukan imbauan kepada masyarakat untuk menjaga keselamatan,” katanya pula. (Ant)