Polres Lampung Barat Gelar Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila

0
4

Lampung Barat, etalaseinfo.com ~ Polres Lampung Barat menggelar upacara memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2019, di Lapangan Mapolres Lampug Barat, pada Sabtu (01/06/19) pagi.

Upacara dipimpin Wakapolres Lampung Barat Kompol M.Riza,SH.MH. dihadiri pejabat utama (PJU) Polres, para Perwira, Kapolsek Jajaran dan perwakilan anggotanya serta Bintara Polres, PNS Polri.

Sebagai komandan upacara Kanit Tipiter Satreskrim Polres Lampung Barat Ipda Juherdi,SH. Bertindak sebagai Perwira upacara Iptu Mulyadi, Pembaca Pembukaan UUD 1945 Kompol Subandi, Pembaca Keputusan Presiden Republik Indonesia No 24 tahun 2016 tentang Lahirnya Pancasila Kompol Fery Anda Eka Putra, SH. dan juga dilakukan kenaikan bendera yang dilaksanakan oleh tiga personel Sat Sabhra Polres Lampung Barat.
Dalam kegiatan itu Wakapolres Lambar membacakan amanat Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI, Hariyono.

bahwa saat ini dilaksanakan upacara untuk memperingati hari Lahirnya Pancasila yang mampu menyatukan kita semua yang hidup di Negara kesatuan Republik Indonesia.
Sebagaimana, diketahui bahwa kondisi geografis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai Negara Kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan “Tanah Air Indonesia” Kesatuan gugusan Pulau yang berada diantara dua Samudra pasifik dan Hindia serta dua benua asia dan Australia bahwa kita memiliki tanah air sebagai kesatuan Darat, laut dan udara dalam konsep Nusantara.

Sehingga, keberagaman secara natural merupakan karakteristik dari Indonesia secara Antropologis dan Sosiologis keberagaman Ras, etnis, agama, Kepercayaan dan Budaya budaya yang ada di Indonesia sudah ada hingga Sekarang hidup bahagia dalam keberagaman.

“Pancasila Sebagai dasar Negara, ideologi Negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh “Pendiri bangsa” yang merupakan Anugerah tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia walaupun bangsa ini masih belum sempurna merealisasikan nilai-nilai Pancasila, tetapi kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila,” kata Wakapolres.

Wakapolres juga berpesan kepada masyarakat untuk menyadari dan memahami, saling menghormati, bekerjasama, bergotong royong dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. “Jadikanlah budaya politik yang dapat menumbuhkan dan menumbuhkan dan merawat harapan. Bukan politik yang menimbulkan ketakutan,” jelasnya.(M.yakub)