Polres Tanggamus dan Kodim Gelar Pengamanan Pleno 9 PPK Pringsewu, KPU Terjunkan Tim Kesehatan

0
3
Polres Tanggamus, TNI dan Tim Kesehatan dalam pengamanan PPK Kecamatan Pringsewu, Minggu (21/4/19)

Pringsewu, etalaseinfo.com – Sembilan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Pringsewu memulai pelaksanaan pleno terbuka perhitungan suara, Minggu (21/4/19) pagi.

Terkait hal tersebut, Polres Tanggamus bersama jajaran TNI Kodim 0424/TGM menggelar pengamanan secara terbuka di PPK Kecamatan Gadingrejo, Pringsewu, Ambarawa, Sukoharjo, Banyumas, Adiluwih, Pagelaran, Pagelaran Utara dan Pardasuka.

Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto, SIK. MM. Kabag Ops Kompol Bunyamin, SH. MH mengungkapkan pengamanan melibatkan 135 personel ditambah TNI Kodim serta 1 perwira penanggung jawab.

“Masing-masing PPK diterjunkan 15 personil ditambah penguatan dari TNI dan penanggung jawab 1 perwira,” kata Kompol Bunyamin.

Lanjutnya, sebelum pelaksanaan pleno pihaknya juga melakukan pengetatan terhadap seluruh saksi melalui pemeriksaan badan sebagai upaya pencegahan hal-hal yang tidak diinginkan.

“Terhadap seluruh saksi, kami juga melakukan pemeriksaan badan sebagai upaya pencegahan sesuatu yang diinginkan,” tegasnya.

Terpisah Ketua KPU Pringsewu Andreas Andoyo, MT menerangkan pleno PPK dilaksanakan secara serentak di Kabupaten Pringsewu.

Menurutnya, Rekapitulasi di tingkat PPK dengan membuka kotak TPS 1 lalu di bacakan seluruh pemilu mulai dari Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (PPWP), DPR, DPD, DPRD Provinsi terkahir DPRD Kabupaten.

“Demikian pola yang kami terapkan, baru dibuka TPS selanjutnya,” ungkap A. Andoyo melalui Whatsapp.

Guna mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, pihaknya juga telah meminta bantuan Puskesmas PPK setempat guna memeriksakan serta memantau kesehatan personel PPK.

“Kami juga bekerjasama dengan Puskesmas di PPK setempat sebab kesehatan untuk menjaga stamina PPK. Untuk para saksi juga kami persilahkan jika membutuhkan,” terannya.

Kesempatan itu juga, Ketua KPU Pringsewu berharap kepada PPK agar lebih cermat dan teliti dalam rekapitulasi. “Kepada seluruh PPK agar cermat dan teliti, jangan ciderai suara rakyat,” pungkasnya. (*)