Populasi Gajah Di TN Way Kambas Kini 64 Ekor

Taman Nasional Way Kambas Jadi Pilot Project Pengelolaan Wisata Alam Berkelanjutan X9q0thyabh

Lampung Timur – Balai Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung menyebutkan populasi gajah jinak sumatera  di taman nasional di wilayah Kabupaten Lampung Timur itu sebanyak 64 ekor, dengan rincian 37 ekor terdapat di Pusat Latihan Gajah (PLG) Way Kambas dan 27 ekor digunakan untuk kegiatan patroli penanganan konflik antara gajah dan manusia.  Sementara jumlah gajah liar di kawasan hutan lindung itu berdasarkan survei Balai TNWK pada tahun 2010 diperkirakan sebanyak 247 ekor.

Untuk meningkatkan perlindungan terhadap gajah, TN Way Kambas merayakan  Hari Gajah Sedunia pada Selasa (12/8) lalu. 

“Peringatan Hari Gajah Sedunia sebagai momentum menggugah kesadaran pelestarian dan perlindungan satwa yang berkurang populasinya akibat perambahan hutan dan perburuan,” kata Humas Balai TNWK Sukatmoko di Lampung Timur, Kamis.

“Gajah harus kita selamatkan sama-sama,” ajaknya.  

Menurut dia, masyarakat dapat mengambil peran menjaga satwa gajah dan satwa lainnya dengan tidak mengambil bagian tubuhnya. 

“Jangan pernah gunakan bagian-bagian tubuh satwa dilindungi, seperti contohnya memakai gadingnya karena sama saja kita ikut membunuhnya,” jelasnya. 

Dia menambahkan bahwa pihaknya telah menyelenggarakan peringatan Hari Gajah Sedunia yang diadakan bersamaan  peringatan Hari Konservasi Alam Nasional, Minggu (10/8).

“Kita bersih-bersih sampah dari Plang Ijo, pintu masuk ke Taman Way Kambas sampai Pusat Latihan Gajah, kita bersihkan sampah di kolam pemandian gajah,” ujarnya. (Ant)

Share