Pori Karlia Sambangi Pelaku UMKM Kerajinan Thukus

Kalianda, etalaseinfo.com – Pejabat Sementara (Pjs) Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) Kabupaten Lampung Selatan bersama Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Lampung Selatan beserta jajaran kunjungi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Selasa (13/10/2020).

Kunjungan ke UMKM yang dilakukan usai melaksanakan Gebrak Masker di Pasar Pasuruan tersebut disambut hangat pemilik dan pekerja UMKM KHAJA MUDA Desa Kuripan Kecamatan Penengahan.

Pjs. Ketua Dekranasda Pori Karlia Sulpakar, Ketua DWP Kabupaten Lampung Selatan Yani Thamrin yang didampingi Camat Penengahan Erdiansyah berdialog langsung dan melihat proses pembuatan kerajinan Thukus (Tutup Kepala Tapis khas Lampung Selatan).

Khaja Muda selaku pemilik usaha kerajinan Thukus mengatakan, “penjualan Thukus sudah mencapai luar daerah seperti Bandar Lampung, Lampung Tengah, Pesisir Barat dan Daerah Jawa”, katanya.

“Awalnya kami bekerja sama dengan Dekranasda Lampung Selatan, Dekranasda Lampung Selatan membeli dari kami untuk dipasarkan kembali, Alhamdulillah sekarang sudah mulai banyak peminatnya”, ujar Khaja Muda.

“Selain Thukus kami juga membuat Selendang Tapis, disini juga kami menggalak Literasi Membaca dengan menyiapkan buku-buku bacaan untuk dibaca anak-anak secara gratis”, pungkas Khaja Muda.

Sementara itu Pori Karlia Sulpakar mengaku kagum dengan upaya Khaja Muda mengembangkan dan mengenalkan Tutup Kepala Tapis khas Lampung Selatan.

“Ini merupakan salah satu upaya mengembangkan Budaya Lampung Selatan, melalui Thukus masyarakat mengenal Lampung Selatan”, jelas Pori Karlia Sulpakar.

“Saya berharap kerjasama dengan Dekranasda Lampung Selatan dapat terus berlanjut dan ditingkatkan, mengingat Dekranasda adalah Mitra Kerja Pemerintah Daerah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan para pelaku dan pekerja UMKM yang ada di Lampung Selatan”, papar Pori Karlia Sulpakar. (Kmf)

Bagikan