Preview Final Liga Europa 18/19 Chelsea – Arsenal

0
3

London, etalaseinfo.com – Ada banyak kesamaan antara Chelsea dan Arsenal sehingga membuat bentrok kedua tim di final Liga Europa 2018/19, Kamis (30/5) dini hari WIB, terasa kian menarik.

Kesamaan paling kentara tentu saja keduanya merupakan klub yang berbasis di London. Chelsea maupun Arsenal juga tengah menjalani musim debut bersama manajer baru mereka. Namun kemiripan yang paling mendasar adalah, kedua klub sama-sama diliputi ketidakpastian.

Arsenal urung memenuhi target finis empat besar di Liga Primer Inggris dan menjadi juara Liga Europa adalah satu-satunya jalan bagi mereka untuk menebus kegagalan itu. Adapun Chelsea memang berhasil menyegel tiket ke Liga Champions, tapi masa depan manajer Maurizio Sarri dalam tanda tanya besar.

Dengan demikian, final di Baku, Azerbaijan ini bisa mempertaruhkan sejumlah hal krusial bagi kedua tim: apakah musim ini berjalan sukses, rencana transfer di musim panas, hingga masa depan klub itu sendiri. 

Bagi Arsenal, kemenangan di laga ini tak hanya berarti bahwa mereka akan tampil di Liga Champions musim depan. Lebih dari itu, menjadi juara Liga Europa akan membuat Arsenal bisa melupakan musim 2018/19 yang inkonsisten dan menatap musim depan yang lebih baik. Peluang juara Arsenal terbuka lebar karena mereka diasuh oleh pelatih spesialis Liga Europa Unai Emery.

Namun jika kalah, maka proyek Arsenal pasca era Arsene Wenger akan terus diliputi keraguan. Mereka bakal absen dari Liga Champions tiga musim berturut-turut, yang jadi catatan terburuk sejak 1997/98. Tanpa Liga Champions, Arsenal juga akan kesulitan untuk mendatangkan talenta-talenta terbaik ke Emirates di musim panas.

“Klub seperti Arsenal harus berada di Liga Champions. Kami ingin mempersembahkan sepakbola Liga Champions kepada fans. Kami harus bisa meraih trofi Liga Europa dan kembali ke Liga Champions,” tegas gelandang The Gunners Granit Xhaka.