Proyek SPAL KOMUNAL Dinas PUPR Kota Metro Atasi Wilayah Kumuh Tuntas 100 Persen

0
9

Metro, etalaseinfo.com – Kepala Dinas  Pekerjaan Umum dan Perumahan /PUPR Kota Metro Ir. Irianto yang diwakili oleh Robi selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) mengatakan bahwa, kota metro merupakan salah satu kota pendidikan yang perlu adanya pembangunan di semua sektor termasuk pembangunan SPAL KOMINAL pada 11 titik, yang mana tujuan pembangunan tersebut untuk mengatasi limbah rumah tangga dan tinja warga, sehingga tidak ada lagi kelurahan diwilayah kota metro yang masih terlihat kumuh.

Pembangun SPAL KOMUNAL atau wc central di kota madya Metro dilakukan dilokasi yang padat penduduk, yang bertujuan untuk meningkatkan kebersihan kota dari kesan dan nampak kumuh, dengan proyek IPAL dari dinas PUPR ini, Air limbah dan kotoran warga ditampung secara masal.

Kini limbah dan tinja warga dari 50 sampai 75 rumah tangga setiap kelompok yang ditampung menjadi satu ditempat penampungannya, dengan instalasi yang di bangun Dinas pekerjaan umum dan tata ruang kota Metro pada tahun 2018 yang lalu.

Pembangunan yang  dilaksanakan dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai 5.5 Milyar dari pemerintah pusat tersebut terbilang cukup besar, apalagi dana tersebut dipergunakan untuk kegiatan pembangunan sanitasi pembuangan air limbah warga pada pemukiman padat penduduk di kota madya Metro dengan tajuk IPAL SKALA KOMUNAL domistik SR/ (1IPAL : 55 SR ), jelas Rubi kepada wartawan di ruang kerjanya akhir pekan lalu.

Dari 11 titik proyek sarana sanitasi air limbah masyarakat yang telah dibangun seperti di kelurahan hadimulyo timur, kelurahan Hadi Mulyo barat, pembangunannya dikomandoi oleh Mardi, mardi sendiri adalah ketua RT 03 imapuro metro pusat.

Sementara menurut Achmad Gozali, warga  RT 36 RW 07 kelurahan metro pusat, bahwa dengan adanya proyek IPAL ini, warga sangat terbantu karena biasanya aliran parit lingkungan terkesan kumuh, sekarang lingkungan menjadi bersih dan tidak berbau, karena ipal komunal ini menampung aliran air cucian dan kotoran warga untuk 2 RT yakni RT 36 dan 37 .

Masih menurut Gozali, dengan adanya pembangunan Spal ini, warga sangat berterimakasih pada pemerintah kota metro, yang telah membangun sanitasi Ipal kumanal, sehingga lingkungan warga kami jadi bersih asri dan tidak ada limbah yang mencemari lingkunagn lagi, serta diamini oleh Jarot warga lainnya.

Terpisah Priyadi selaku ketua RT 36, mengatakan, sebelum proyek ini di kerjakan terlebih dahulu sudah dibentuk kelompok kerja masyarakat (Pokmas) dan ada tanah hibah dari warga baru pembangunannya bisa dilaksanakan,  dan pembangunan itu sendiri telah selesai 5 bulan lalu. 

Ditilik dari segi manfaat, tentu sudah dirasakan oleh warga, lingkungan jadi bersih, nyaman asri  dan tidak ada lagi pencemaran lingkungan.

Selain itu lokasi pembangunan Ipal ini juga bisa digunakan untuk tempat musyawarah warga sekitar, jelas Priyadi kepada wartawan di kediamannya.

Selanjutnta di kelurahan Hadi Mulyo barat ada 2 titik bangunan, sementara yang bertindak sebagai ketua pelaksana pembangunan adalah  Mardi  Gareng  ketua RT 03 imapuro metro pusat didaerah blok cengkehan.

Menurut Mardi proyek yang nilainya hampir 500 jutaan ini  melibatkan pokmas dan pekerjanya adalah warga masyarakat sikitar, dilihat dari segi manfaatnya tentu sangat luar biasa dan diharapkan bisa menampung limbah rumah tangga dan kotoran tinja  untuk 50 hingga 75  rumah tangga warga sekitar. Dengan adanya pembangunan ini,
Warga merasa senang dan berterimakasih atas pembangunan Ipal ini sehingga sangat membantu masyarakat dalam hal kebersihan lingkungan jelasnya pada wartawan.

Di  kelurahan iring Mulyo 15 polos metro timur  di bangun 3 unit SPAL kumunal yang terletak  di jalan mawar dan di ketuai oleh  muji, Suprapto, Didik, Supri dan dedi.

Menurut muji selaku tim pelaksana, dia merasa bersyukur karena proyek Spal kumunal di lingkungannya sudah selesai 100 persen  bahkan sudah di pungsikan oleh  warga sekitar. 

Warga merasa senang dan berterima kasih pada Pemkot metro yang telah memperhatikan dan mengutamakan kebersihan demi terwujudnya kota metro yang bersih indah, asri, nyaman dan sehat ungkap muji pada media.(Din-J)