PT ASDP Bakauheni Raih Penghargaan SMK3

Petugas keselamatan sedang melakukan efakuasi kepada penumpang

Bandarlampung – Tiga Cabang Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) yakni Merak, Bakauheni dan Ketapang berhasil meraih penghargaan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) Tahun 2020 dari Direktorat Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan RI pada Kamis (8/10).

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengapresiasi pemberian penghargaan kepada tiga cabang utama ASDP yang telah melaksanakan SMK3 sesuai PP No.50 Tahun 2012 di lingkungan kerjanya mengingat industri penyeberangan dan kepelabuhanan yang dikelola perusahaan memiliki tingkat potensi kecelakaan kerja yang tinggi dalam karakteristik proses kerja.

“Aspek keselamatan dan kesehatan dalam lingkungan kerja selalu menjadi prioritas utama kami, tidak hanya untuk pekerja kami, tetapi untuk seluruh pengguna jasa, dan mitra kerja yang kami layani,” Kata Ira, melalui keterangan pers yang diterima di Bandarlampung, Jumat

Menurutnya, manajemen sangat konsen dalam penerapan SMK3 yang merupakan upaya penyerasian antara kapasitas kerja, beban kerja, dan lingkungan kerja agar setiap pekerja dapat bekerja secara aman dan sehat tanpa membahayakan dirinya maupun masyarakat sekelilingnya sehingga diperoleh produktivitas kerja yang optimal.  Untuk pelaksanaan program K3 pun dilakukan secara periodik melakukan proses evaluasi dan melalui audit SMK3 melalui badan audit yang ditunjuk oleh Pemerintah.

Adapun kriteria penilaian dalam penghargaan ini terdapat 122 kriteria tingkat transisi penilaian di amtaranya kelayakan fasilitas sarana dan prasarana pelabuhan dalam menjalankan bisnis proses, ketersediaan alat-alat keselamatan dan memastikan berfungsi dengan baik dan benar serta Pemahaman Sumber Daya Manusia tentang keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan kerjanya. 

Pada tahun 2020 ini, Cabang Merak berhasil meraih penghargaan Sertifikat Emas, nilai pencapaian 86,88 persen dengan tingkat pencapaian penerapan Memuaskan. Posisi kedua, Cabang Bakauheni meraih penghargaan Sertifikat Perak dengan nilai pencapaian 82,78 dan tingkat pencapaian penerapan Baik. Dan posisi ketiga Cabang Ketapang yang meraih Sertifikat Perak dengan nilai pencapaian 79,50 dengan tingkat pencapaian penerapan Baik.

“Selamat untuk ketiga cabang yang telah berhasil meraih penghargaan dengan hasil memuaskan dan baik. Terus tingkatkan kinerja, dan tetap memprioritaskan dan menjaga aspek keselamatan dan kesehatan demi terwujudnya pelayanan prima. Semoga pencapaian positif ini dapat juga diikuti oleh cabang-cabang ASDP lainnya,” katanya. (Ant)

Bagikan