PUBG Jadi Game yang Paling Banyak Dibicarakan Netizen Twitter Indonesia

Jakarta – Pandemi COVID-19 membuat banyak orang jadi menghabiskan lebih banyak waktu di rumah dan mencari banyak cara untuk menghibur diri, termasuk main game. Hal ini rupanya mempengaruhi percakapan soal gaming di Twitter.

Mengutip keterangan resmi Twitter, Rabu (13/1/2021) sepanjang tahun 2020, ada lebih dari dua miliar cuitan tentang gaming di seluruh dunia. Angka ini meningkat 75% dibandingkan tahun 2019.

Negara yang paling banyak membicarakan gaming adalah Jepang, diikuti dengan Amerika Serikat dan Korea Selatan di daftar tiga besar. Sementara di Indonesia, percakapan tentang gaming meningkat sebesar 67%.

Dari jutaan percakapan soal gaming tersebut, netizen Indonesia paling banyak membicarakan game PUBG. Di peringkat selanjutnya ada Among Us dan Genshin Impact, dua game yang popularitasnya melonjak di tahun 2020.

Sementara untuk kancah global, game yang paling banyak dibicarakan pengguna Twitter di seluruh dunia antara lain Animal Crossing: New Horizons, Fate/Grand Order, Disney: Twisted Wonderland, Final Fantasy dan Fortnite.

Tidak hanya membicarakan game favorit, netizen Indonesia juga rajin memantau dan membicarakan acara gaming internasional seperti 2020 Game Awards, peluncuran PlayStation 5 dan Tokyo Game Show.

Netizen Indonesia juga sering membicarakan tim esports jagoannya di Twitter, seperti tim Secret, OG dan Gen.G yang berada di daftar tiga besar.

Karena makin sering dibicarakan, gaming menjadi salah satu topik yang paling banyak diikuti oleh pengguna Twitter di seluruh dunia. Dalam kategori gaming sendiri ada beberapa topik yang paling banyak dibahas sepanjang tahun 2020 yaitu ‘gaming’, ‘berita gaming’, ‘esports’, ‘kreator gaming’ dan ‘PlayStation’.

Industri esports yang terus naik daun juga makin sering dibicarakan oleh netizen di seluruh dunia. Percakapan tentang esports di Twitter bahkan meningkat 14% dibandingkan tahun 2019. (Dtk)

Bagikan