Puskesmas di Tuba Sudah Terapkan Protokol Kesehatan Sambut AKB

Puskesmas Di Tuba Sudah Terapkan Protokol Kesehatan Sambut Akb

Kepala DInas Kesehatan Tulangbawang Fathoni saat sidak di puskesmas.

Menggala – Dinas Kesehatan Tulangbawang menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang ada di wilayah setempat. Sidak dilakukan untuk memastikan puskesmas telah mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi wabah virus korona atau Covid-19 dalam rangka adaptasi kebiasaan baru (AKB).

“Kami ingin memastikan apakah puskesmas sudah menerapkan protokol kesehatan baik petugasnya maupun di bagian pelayanan. Ini dalam rangka adaptasi kebiasaan,” kata Kadis Kesehatan Tulangbawang Fathoni usai melakukan sidak di Puskesmas Rawapitu, Rabu, 15 Juli 2020.

Fatoni menjelaskan memasuki AKB, 18 puskesmas se-Tulangbawang diminta menerapkan standar protokol kesehatan mencegah wabah virus yang kini telah menelan ribuan korban jiwa. Puskesmas harus menyediakan tempat mencuci tangan, menggunakan alat pelindung diri (APD) saat pelayanan, menggunakan masker, dan menjaga jarak baik antara pasien maupun petugas kesehatan.

“Alhamdulillah dari hasil crosscheck di lapangan, puskesmas sudah menerapkan protokol kesehatan. Memang mereka sudah siap dengan AKB demi keselamatan mereka sendiri,” katanya. (LP)

Share